Cewek Mengalami PMSApakah PMS saat datang Bulan itu HOAX? *Explained With Animation*
parchedcell-8037562
Welcome
Mengapa Cewe Gampang Marah ketika Menstruasi?
Menstruasi atau PMS

Banyak yang bilang nih gan kalo sista-sista ini bisa jadi ganas waktu menjelang maupun ketika sedang datang bulan. Kalau gitu, entah sudah berapa banyak agan-agan yang malang nasibnya jadi korban setiap bulannya? Kira-kira, napa hal ini bisa terjadi nih? Beneran ga yah?

Quote: Cekidot versi animasinya gan ( biar lebih ngerti!):

Quote: Ketika para sista berubah...
Cewek Menstruasi

Cewek PMS

Dari dunia medis dan psikologis Barat, kita bisa kenalan dengan istilah PMS. PMS sering disebut sebagai biang kerok keberingasan seorang cewek saat datang bulan. Tapi, apa sebetulnya PMS ini dan apa hubungannya dengan emosi para sista?

PMS

Datang Bulan

Singkatnya, PMS adalah istilah beken untuk menyebut aneka gejala yang terjadi sekitar 1 sampai 2 minggu sebelum seorang cewek datang bulan. Gejala yang bersifat fisik misalnya jerawat, pegal-pegal, kram perut, dan konstipasi. EH, konstipasi loh gan bukan konspirasi…...eit eit...eit…... Sementara gejala yang bersifat mental misalnya insomnia, susah mikir, dan gejolak emosi ekstrem yang naik turun seperti roller coaster.

Gejala Mental

Quote: PMS biang keladi dibalik perubahan sista ketika akan datang bulan….benarkah?
PMS

Menurut banyak pendapat yang beredar, hampir semua perempuan itu mengalami PMS……”Katanya” loh gan….., nah gejalanya itu “katanya” lagi nih bisa berbeda dari satu cewek ke cewek yang lain, dan akan berangsur sembuh begitu menstruasi dimulai. Padahal kalau gejala yang muncul itu beragam jenisnya dan berbeda setiap orangnya, seharusnya belum bisa ditentuin sebagai penyakit atau gangguan tertentu yang spesifik……. Yah bisa dibayangin kan kalo misalnya penyakit demam berdarah gejalanya itu dari mulai gatel-gatel sampai demam…..nah berarti setiap orang yang gatal dan demam itu bisa dibilang demam berdarah dong? Kan ga juga gan…..

Hubungan PMS dan Emosi

Tapi nih….saking dianggap wajar, masyarakat sudah biasa sedikit-sedikit menyebut dan memberi cap PMS pada cewek yang kelihatan moody menjelang datang bulan, terutama di negara-negara Barat. Di Mbah Google sendiri, ada lebih dari 55 juta artikel yang siap menjawab keresahan seputar PMS. Bahkan di Amerika Serikat, obat-obat anti-PMS mungkin lebih laris manis dibanding jualan abang tukang bakso langganan favorit ane dan agan-aganwati sekalian.

Obat Anti PMS

Quote: Pemberitaan tentang PMS terlalu dilebih lebihkan?
Mitos

Nah dari Kejanggalan ini ternyata penelitian terbaru membuktikan bahwa PMS ternyata cuma hal yang terlalu dilebih-lebihkan! Ketika para sista/aganwati berada pada periode menjelang menstruasi, sebagian besar para sista dan aganwati memang mengalami sirkus hormon yang membuat tingkat stres lebih tinggi dan tubuh jadi kurang fit. Jadi tentu ajaa, jangankan cewek yang sedang datang bulan. Siapa pun pasti juga senggol bacok kalau sedang tidak enak badan. Yah kan?

Senggol Bacok

Quote:Jadi, PMS HOAX nih?
Hoax

Kalau begitu, apa artinya semua gejala tadi cuma hoax? Tentu ga begitu juga….. Bagi beberapa cewek, gejala-gejala mulai dari kram perut, bad mood, sampai depresi bisa jadi masalah serius sampai mengganggu pekerjaan dan hubungan asmara. Di dunia medis, kondisi semacam ini disebut sebagai PMDD. Kabar baiknya, PMDD diperkirakan cuma terjadi pada 3 sampai 8% cewek dan bisa diobati. Sementara buat 90% cewek lainnya, gejala-gejala menjelang menstruasi tidak akan sampai mengganggu kegiatan sehari-hari.

PMDD

Cewek PMS

Jadi, kalau lain kali kita lihat aganwati/sista marah-marah, jangan langsung menyalahkan PMS nih gan! Yah intinya mungkin agan perlu banyak-banyak refleksi apakah agan telah melakukan kesalahan, dan segera bertobat…..dengan begitu kan pintu surga akan lebih mudah terbuka buat agan-agan…….eh….. Jadi ceramah…..ya pokoknya gitu lah gan...hehe pahami sista/aganwati ketika tubuh mereka sedang tidak fit yah agan-agan!

Emoticon Emoticon Emoticon
LINK URL BLOG
Sumber

Quote: Komen Agan
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By Shinbun
PMS suka dijadiin alasan buat "menghalalkan" marah2 gan. Sebagai cowo kudu ngalah dan ikhlas. Berasa di zalimi ane Emoticon

Quote:Original Posted By niu021292
hmm.. pms ya?
bnr ko, gk smua cewe klo lg pms bwaan nya emosi trs. trgntg org nya msg" bgmna cra ngndaliin dirinya. ane mah biasa ja klo lg pms, nglkuin rutinitas nya jg kya biasa. plgn ngrsa agk cape ja, trs dbwa istrht deh Emoticons

Quote:Original Posted By haruna22
asem banget kok ane baca ada yg komen klo pms dijadiin modus/alesan
kaleann semuah cobain haid aja sekali, mules gan mules Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By rie.bubble
ane ga setuju dibilang hoax gan soalnya emang sakit beneran kalo ane mah, dari mulai kram, pusing, mual muntah sampe mencret pun

tapi emang bener gan kalo pas lagi sakit2nya gitu terus ada yang ganggu kan kesel jadinya, kayak minta dibacok aja Emoticon

Quote:Original Posted By rannma
menurut ane sih, semua orang kalo kondisi badannya lagi nggak enak pasti lebih emosional.
yah, rata-rata menjelang menstruasi atau pas menstruasi itu pinggang sampe paha pegel2 kaku, bahkan ngga jarang migrain bahkan kram perut itu sendiri. kalau pas keadaan seperti itu masih dipaksa untuk beraktifitas apalagi bersosialisasi dengan orang, ya jadi gampang banget marah/nangis, gampang swing mood juga.

rata-rata orang yang sakit itu kan pengen dimengerti, kalo dia ngerasa ngga nyaman dengan perlakuan orang lain, ya jatuhnya pasti ngga enak ati sendiri. makanya kalau pas kena pre menstrual syndrome atau bahkan sakit pas haid, perbanyak istirahat aja. perbanyak menyenangkan/merelaksasi diri, supaya pikiran bisa jernih juga, jadi ngga gampang emosi.

Quote:Original Posted By anggra.evi
sensi yang di katikan dg pms sudah mendarah daging..pasti ada kaitannya sih..wanita yang mngalami pms sudah tentu mngalami sakit di seluruh badan..mengakibat kan emosi yg berlebih ketimbang kondisi normal..
jadi bener juga sih istilah senggol bacok Emoticon

Quote:Original Posted By sqghina
lebay ah klo cewe lg PMS galaknya disamain ama macan. Emoticon

yah namanya juga lg ga enak badan kan pastinya kalo ada yg ga nyenengin dihati bawaannya bad mood. dan ga mgkn uring2an kalo ga ada penyebabnya.

sama halnya kayak org yg lg sakit gigi, denger ribut2 aja rasanya pengen bacok kan Emoticon

Quote:Original Posted By cweetiepie
Sapa yang bilang pms hoak ?
Ente ga ngrasaen gimana perut kram klo lagi pms huuuh
Gimana rasa nya kaki pada pegel Emoticon
Terus jerawat pada nongolEmoticon
Tiba2 bisa jadi sangat sensitifEmoticon

Ane kutuk ente jadi ember mau Emoticon

Quote:Original Posted By slayerbatik
hmm...ane termasuk yang suka kena pms, bisa bikin insomnia parah, dan bikin nggak mood hampir 2 minggu. Padahal kalo lagi ok ane kaya kelebihan energi, begitu mau M ato pas M, bisa nggak pengen ngapa2in....Emoticons

Quote:Original Posted By munchkinpumpkin
kalo pas mau menstruasi emosional bgt. itu bener! ntn film agak sedih sedikit nangisnya lebay padahal klo hari biasa ya kalem2 aja, nggak nangis sama sekali. trus klo menjelang menstruasi atau during menstruasi badan ane pegel2 dan lemes. ngga enak mau ngapa2in.

Quote:Original Posted By toew
Kalo eyke masa PMS sih ga selalu senggol bacok..
Emang badan jd ga enak..
Pusing, badan pegel pegel, perut ga enak, dada jg kadang sakit, jerawat tetiba nongol, emosi yg tetiba jd lebey, dan itu ga cuma itungan jam ilang, bisa berharihari..

Coba para cwo tau rasanya..
Sakitnya tuh di situ bang....

waduhada sista yang pengen ngutuk ane ember......hmmmm gini gini.....jawabannya itu kayak agan yang dibawah ini bilang:

Quote:Original Posted By greengeckoijo1
Kalo gejala fisik sih bukan hoax. Tapi gejala psikis yang suka dilebih-lebihkan. Tergantung cewenya mengendalikan diri itu mah. Cuma alasan. Gampang marah, uring2-an, dsb. Kalo cewenya bisa mengendalikan diri sih ga bakal begitu.
Kalo gue sih gue gibas ada cewe yang begitu. Ga usah pake alesan lagi datang tamu bulanan buat marah2 ga karuan.

jadi gejala fisik itu memang yang sebenarnya terjadi, nah PMS atau pre Menstrual Syndrome itu adalah penyebutan untuk perubahan secara drastis emosi dari seorang perempuan ketika datang bulan.... nah yang menjadi mitos adalah ternyata perubahan emosi secara drastis atau swing mood ini sesungguhnya tidak banyak terjadi di kalangan perempuan yang akan mengalami siklus menstruasi......walaupun memang benar gejala fisik itu nyata terjadi...jadi bukan HOAX untuk gejala fisiknya....dan tentunya kalau fisik sedang tidak fit makanya tentu kalau diganggu akan dapat dengan mudah memancing amarah seperti menuang bensin pada api menyala.......

nah tapi untuk gejolak emosi dan perubahan emosi yang terjadi secara drastis ini sebetulnya hanya dialami oleh 3% atau paling banyak 8% dari prempuan yang akan memasuki siklus menstruasi yang akan mengalaminya......jadi gitu loh agan-agan....sista-sista.....

Quote:Original Posted By ntnggrn
alhamdulillah ane jarang kram perut parah kayak cewek2 normal lain. marah2 juga ga pernah, orang ane susah ngomelin orang-_- tapi pegel2 itu iya tetep, jerawatan iyak, terus badan ga enak deh pokoknya. udah tau ga fit tetep aja ane mah lagi dapet juga tetep keluyuran ga bisa diem

ini seperti sista ini yang masih energik disaat menjelang datang bulan.....

Quote:Original Posted By chanoly
kalo gua yang rasain sih ini mh cewe emosi saat mau haid, tergantung tanggal kalo ahir bulan pasti uring2an nya menjadi kalo. awal bulan mh baek baek aja EmoticonEmoticon

ini sepertinya sih karena nungguin uang bulanan yah gan...hahaha

Quote:Original Posted By fanaurora
iya gak semua marah2, kalo ane lebih ke cengeng daripada marah2. dicuekin nangis, chat gak di read read nangis, kalah debat nangis, kangen nangis. pokoknya drama abeees Emoticons

puk...puk...puk....jangan nangis dongs sista....kan jadi ikutan syedih....

Quote:Original Posted By DiajengRR
jadi gini..
fyi ya para agan agan, ketika kata sakti sdh keluar dari mulut cewek yaitu kata
'TERSERAH'
itu tandanya sang cewek lg dalam kondisi badmood atau lg PMS..
apa yg sebaiknya agan lakukan?

1. ga usah nanya lagi
2. ambil inisiatif sendiri, misalkan
cow: mau makan apa nih?
cew: terserah..
nah disinilah kudu inisiatif kaga perlu nanya lagi, gandeng tangannya ajak makan langsung kemana kek
kita ga bakal protes kok, drpd ditanya2 malah bete ujung2nya berantem gajelas.

3. ga usah banyak cerita, makan aja santai, ga usah soksok becanda apalagi kalo garing.. beuuuh bikin tambah bete..

4. laki gue biasanya kalo terjebak di situasi gitu, bilangnya gini,
laki: "makan siang sendiri2 aja ya..
gue: kenapa?
laki: kamu lg gajelas gitu ntar salah salah
gue: jleeebbb...


Tips and trick dari agan Diajeng RR

Quote:Original Posted By moriyo90
Kalo ane kena pms, ada masalah2 remeh kaya:
- salah nge-tap di hape
- kebalik nyolokin kabel usb di laptop
- sleting jaket rada macet
- pas lagi makan sendoknya jatoh ke lantai
bisa bikin ane emosi & pengen nangis. Emoticon

Tapi biasanya emosi ane langsung redup diganti tawa. Ngetawain diri sendiri karna ngerasa bego & malu ama diri sendiri. Emoticons Emoticons Emoticons

tapi yang kayak gituan emang kadang bikin emosi sih sis......persoalan simpel yang bisa bikin emosi...

Quote:Original Posted By spidcom_2000
Berdasarkan pengalaman pribadi sih sepertinya bukan hoax. Bini ane juga selalu bersikap seperti itu ketika lagi PMS, kena masalah sedikit bawaanya langsung bad mood, dan kebanyakan temen cewek juga bilang jangan bikin bete karena dia lagi PMS. Sudah menjadi pasangan bila cewek PMS pasti bawaanya ingin marah melulu, dikasih sedikit pemicu bisa langsung perang.

Quote:Original Posted By buntelcawet
oh jadi begitu ya gan.. brati kalo memang cewe ngaku² lagi PMS trus ngomel gak jelas dengan kata lain mendeklarasikan perang dunia shinobi ke 5 Emoticon

waduh perang shinobi......

Quote:Original Posted By hendracepe
Sebulan ada 4 minggu, mens seminggu kurang lebih, pms 1-2 minggu ... Kebahagiaan pria tanpa tekanan cuma 1-2minggu per bulan nya Emoticon

inilah perhitungan dari waktu potensial seorang agan berada dalam kondisi bahagia terhadap pasangannya.....hmmmmm
Source: http://kask.us/ilo7r
ReveneuHits