Era Video Game8 Era Video Game Yang Dialami Oleh Generasi 90-an
GarudaMan-1999304
Generasi 90-an adalah generasi yang mengalami semua era video game, dari yang paling pertama sampai yang paling terbaru. Ane mau ngajak mereka yang mengalami masa-masa tersebut untuk bernostalgia gan.
Quote:8 Era Video Game Yang Dialami Generasi 90-an
Quote:Quote:Era Game Ding Dong
Game Ding Dong
Quote:Ding Dong atau Arcade adalah konsol game yang booming pada dekade 80-an sampai awal 90-an. Konsol ini memiliki bentuk fisik yang sangat besar dan bisa dimainkan jika kita memasukkan koin ke dalamnya. Game jenis ini adalah format video game pertama yang diciptakan manusia. Karena bentuk fisiknya yang besar, biasanya konsol jenis ini tidak ditemui di rumah-rumah, melainkan di pusat perbelanjaan atau tempat rental.
Spoiler for Open:
Pac-Man, Donkey Kong

Game yang paling terkenal di zaman ini adalah "Pac-Man" dan "Donkey Kong".

Quote:Quote:Era Nintendo
Nintendo
Quote:Nintendo Entertainment System (NES) adalah konsol game portabel pertama yang booming di seluruh dunia pada pertengahan dekade 80-an. Berbeda dengan konsol sebelumnya yang begitu besar, NES memiliki bentuk fisik yang mini. Sehingga orang-orang bisa bermain game di rumah mereka masing-masing. Sementara di Indonesia, konsol ini juga biasa dimainkan di tempat-tempat rental sampai awal tahun 90-an.
Spoiler for Game:
Super Mario Bros, Contra, Castlevania, Ninja Gaiden

Game yang paling terkenal di zaman ini adalah "Super Mario Bros", "Contra", "Castlevania", dan "Ninja Gaiden".

Quote:Quote:Era Sega + Super Nintendo
Sega Super Nintendo
Quote:Memasuki awal 90-an, lahirlah konsol Sega Genesis dan Super Nintendo atau SNES. SNES adalah transformasi dari konsol Nintendo sebelumnya yakni NES. Sega dan SNES sama-sama menyajikan tampilan gambar yang lebih bagus daripada NES. Pixel yang lebih mendetail dan warna yang lebih mencolok berpadu dengan gameplay yang lebih variatif membuat Sega dan SNES menjadi konsol paling sukses hingga pertengahan dekade 90-an.
Spoiler for Game:
Mortal Kombat, Sonic, Super Mario World, Donkey Kong Country

Game yang paling terkenal di zaman ini adalah "Mortal Kombat", "Sonic", "Super Mario World", dan "Donkey Kong Country".

Quote:Quote:Era PS1
PS1
Quote:Memasuki pertengahan dekade 90-an, perusahaan teknologi asal Jepang yakni Sony membuat gebrakan yang menggemparkan dunia game. Tepatnya pada tahun 1994, Sony merilis konsol game paling revolusioner sepanjang masa, yakni PlayStation (PS) atau yang kini kita kenal sebagai PS1. Fitur yang ditawarkan konsol ini sangat luar biasa di zamannya. Konsol ini menyajikan gambar berformat 3D yang jauh lebih cantik daripada SNES. Gameplay yang disajikan pun jauh lebih bervariasi dibanding konsol-konsol yang sudah ada sebelumnya, sehingga konsol PS1 ini memberikan pengalaman yang sangat memuaskan bagi orang-orang di masa itu.
Spoiler for Game:
Crash Bandicoot, Harvest Moon, Tekken, Gran Turismo

Game yang paling terkenal di zaman ini adalah "Crash Bandicoot", "Harvest Moon", "Tekken", dan "Gran Turismo".

Quote:Quote:Era PS2
PS2
Quote:6 tahun sukses dengan PS1, akhirnya pada tahun 2000, Sony merilis generasi terbaru dari konsol PlayStation yakni PlayStation 2 (PS2). Tak perlu banyak promosi, konsol ini langsung booming di seluruh dunia. Peningkatan yang dilakukan Sony di konsol terbarunya ini terletak pada gambar dan animasi yang lebih mulus sehingga sangat memanjakan mata para pemainnya. Hanya dalam beberapa minggu, konsol ini memecahkan rekor pendahulunya. Sampai saat ini, PS2 masih menjadi konsol paling laris yang pernah dikeluarkan oleh Sony. Bahkan PS3 dan PS4 pun tak sanggup melampaui penjualan PS2.
Spoiler for Game:
GTA SanAndreas, Resident Evil 4, Dynasty Warriors, Downhill

Game yang paling terkenal di zaman ini adalah "GTA: SanAndreas", "Resident Evil 4", "Dynasty Warriors", dan "Downhill".

Quote:Quote:Era Game PC Offline
Game PC Offline
Quote:Selain PS2, pada awal dekade 2000-an juga booming sejumlah game yang bisa dimainkan di PC secara offline (tanpa jaringan internet). Game-game PC offline yang memberi pengalaman berbeda ini juga cukup digemari oleh banyak orang pada masanya. Apalagi pada masa itu, PC baru populer di Indonesia, sehingga game-game PC pun ikut populer bermasa dengan masuknya PC ke Indonesia.
Spoiler for Game:
Age of Empire, Counter Strike, The Sims

Game yang paling terkenal di zaman ini adalah "Age of Empire", "Zuma", "Counter Strike 1.6", dan "The Sims".

Quote:Quote:Era Game PC Online
Game PC Online
Quote:Bersamaan dengan menjamurnya internet pada pertengahan dekade 2000-an, banyak developer game memiliki ide untuk memanfaatkan internet dalam dunia game. Maka lahirlah yang disebut game online. Game jenis ini seketika meledak, mengalahkan ketenaran PS2 atau konsol lainnya. Pengalaman baru yang bisa dirasakan para gamer melalui game online menjadi alasan kenapa game jenis ini bisa mengalahkan game konsol.
Spoiler for Game:
Ragnarok Online, AyoDance, Getamped, Point Blank, Atlantica

Game yang paling terkenal di zaman ini adalah "Ragnarok Online", "AyoDance", "Getamped", "Point Blank", "RF", "Atlantica", dan lain-lain.

Quote:Quote:Era Game Modern
Game Modern
Quote:Menjelang akhir dekade 2000-an sampai sekarang, tidak ada lagi pengelompokan antara game online dan offline, karena nyaris semua game yang populer bisa dimainkan secara online. Entah itu melalui PC ataupun konsol. Hampir semua judul game pun bisa dimainkan di beberapa konsol dan media yang berbeda. Dari segi visual, game-game era ini meningkat secara drastis dibanding era-era sebelumnya, namun dari segi gameplay tampaknya tidak banyak berkembang. Hal yang baru dari zaman ini adalah kehadiran game mobile atau game HP yang bisa dimainkan dimana saja tanpa harus stay di depan monitor.

Begitulah gan, perjalanan ane sebagai gamer yang besar di era 90-an dan masih main game sampai sekarang. Semoga thread nostalgia ini bisa membawa agan-agan yang seangkatan sama ane untuk mengenang masa-masa indah yang telah berlalu. Jangan lupa rating dan komeng. Kalau bisa sih cendol juga ya gan.
Emoticon
Source: http://kask.us/ilMyb
ReveneuHits