Eksplorasi Asahiyama Zoo[Hokkaido] Asahiyama Zoo, Kebun Binatang Paling Inovatif di Jepang
makanagin-6070156
Quote:Emoticon WELCOME TO MY THREAD Emoticon
Halo, agan-agan travelers!! Emoticon
Kita berjumpa lagi nih!
Cukup lama juga saya nggak update thread travel Makan Angin di Kaskus (almost forget). Mumpung udah ada hawa liburan akhir tahun dan juga lumayan ada spare time, kini saatnya sebarin virus-virus liburan. Emoticons

Nggak ada yg bisa menandingi serunya pengalaman traveling ke luar negeri yg punya 4 musim. Apalagi pas di momen yg tepat. Karena udah mendekati Natal (winter), maka kali ini saya mau bahas tentang wisata saat musim dingin di Jepang.

Siapa sih yg nggak tau Jepang?
Negeri sakura dengan budaya lokalnya yg menarik, teknologi yg spektakuler, keramahan warganya, temples nan megah, geisha dan meiko yg menawan, hingga surganya para otaku.

Namun ada pula loh yg tak kalah menariknya dari semua hal di atas, yaitu WISATA ALAMnya.
Hokkaido, pulau besar paling utara ini emang menawarkan berjuta keindahan landscape yg sangat mengagumkan.

Adalah kota Asahikawa. Kota besar kedua di Hokkaido yg hanya berjarak sekitar 2 jam dari Sapporo ini memiliki wisata yang sangat famous di kalangan para turis mancanegara.
Wisata apa itu?

Asahikawa, Hokkaido
Asahikawa ada di tengah-tengah pulau

Quote:Quote:ASAHIYAMA ZOO
Quote:Asahiyama Zoo
Asahiyama Zoo's entrance gate (©Reinhard Andersen)

Cerita ini sebenarnya pengalaman saya pribadi saat explore Hokkaido beberapa waktu lalu.
Awalnya malah saya nggak naruh ekspektasi tinggi pada wisata kebun binatang ini. Kesannya klise banget, jauh-jauh ke Hokkaido masa ke kebun binatang sih! Protes saya dalam hati saat itu.

Hingga akhirnya saya lihat sendiri...
kawanan penguin berjalan persis di depan mata, merasakan berada dekat dengan beruang kutub seperti mangsanya, terpesona oleh penguin "terbang" (berenang) dengan cantik di atas kepala, dan terkejut melihat macan tutul salju melintas di atas kepalaku. Semua pengalaman itu memaksa untuk menarik kembali kata-kata saya sendiri.

Quote:Quote:Asahiyama Zoo
http://good-hokkaido.info/en/asahiyama-zoo/

Dengan adanya predikat PALING INOVATIF, tentu pengalaman wisata yg ditawarkan terasa lebih menarik daripada berkunjung ke zoo biasa. Yang kita tahu selama ini di zoo biasa, kita bebas berkeliling jalan kaki melihat-lihat berbagai macam satwa di dalam kandangnya.

Menyaksikan hewan-hewan yang ditampilkan terkurung di kandang, bukan sebagai makhluk yang "hidup", itu sama saja seperti museum seni.

Justru di Asahiyama, para hewan memang tetap di kandang. Namun kandang-kandangnya didesign sedemikian rupa sehingga mereka dapat berperilaku sesuai di alam liar. Insting alam mereka tetap terasah. Bahkan dapat berinteraksi dengan para pengunjung. Itulah mengapa Asahiyama Zoo dapat predikat sebagai the most innovative zoo in Japan.

Quote:
Spoiler for RED PANDA/LESSER PANDA:

Misalnya kandang Red Panda (Lesser Panda) ini. Dilengkapi dengan batang pohon sehingga para panda bisa memanjat guna melatih otot kaki mereka. Ditambah pula jembatan gantung supaya mereka bisa menyebrang ke kandang lainnya yg ada di sebrang. Kita sebagai pengunjung pun dapat melihat para panda yg lucu itu berjalan lenggak-lenggok di atas kepala. Imut banget, kan?

Quote:
Spoiler for SEAL:
Anjing Laut
Seals
http://ikidane-nippon.com/interest/246200/

Seals' house features deep pools, outside areas and multiple viewing rooms.
The heart is the transparent vertical tube that let the seals say hi to the visitors.


Begitu pun juga dengan para anjing laut ini. Mereka rutin mengadakan show seperti di zoo lainnya. Bedanya, staff show seringkali menaruh ikan-ikan santapannya di tempat-tempat tersembunyi, seperti dibalik batu, hingga kejar-kejaran dengan anjing lautnya. Tujuannya supaya mereka tetap aktif dan insting berburu mereka tetap terasah meski bukan di alam liar.

Aquarium tank mereka didesign cukup besar dan tidak cuma satu. Tank-tank itu saling terhubung dengan tabung vertikal transparan, sehingga para pengunjung pun bisa melihat para anjing laut berenang dengan girang secara 360 derajat. Sekaligus bisa say hi dan berdekatan juga dengan mereka. Mantap kan? Emoticon

Quote:
Zoo staff mendesign bentuk kandang yg unik untuk snow leopard, yg di mana para pengunjung dapat melihatnya dari sudut pandang yg berbeda, yaitu dari bawah. Sangat menarik, perasaan takut sekaligus penasaran karena jaraknya sangat dekat dengan leopard menjadikan tempat ini ramai oleh para turis.


Quote:
Spoiler for POLAR BEAR:
Polar Bear
Ferocious yet fabulous

Beruang Salju

Tiba-tiba, petugas memberikan sebuah informasi pada para pengunjung via microphone. Suaranya dapat terdengar di seluruh kebun binatang, namun saya tetap tak mengerti apa yang akan terjadi karena dalam bahasa Jepang. Jadi saya pun hanya mengikuti arus para pengunjung yang memasuki sebuah gedung.

Kerumunan turis telah memadati interior, kapasitas tribun sudah pada penuh. Beberapa pengunjung memilih berdiri di barisan belakang, dan saya tetap mencari lahan kosong yang dekat dengan jendela akrilik di barisan depan. Yeah, ga peduli dengan anak-anak!

Sebuah cemplungan besar yang mendadak menyebabkan cipratan di dalam kolam biru itu. Penampilan megah dari seekor beruang kutub menciptakan kekaguman dari para turis. Kami menyaksikan beruang itu berenang dengan anggun dan bermain-main dengan tong birunya. Bocah-bocah seringkali ketakutan saat beruang itu menghampiri mereka yang berjarak hanya beberapa sentimeter dari sisi sebelah jendela.

Ku tekan tombol shutter kamera berulang kali. Puluhan foto beruang saya dapatkan, namun sebagian besarnya terlihat tidak cukup bagus. Sudah jelas, kunci utama dalam memfoto hewan adalah momen yang tepat.

Spoiler for PREYS' PERSPECTIVE:

Rumah beruang kutub memiliki fitur lainnya yang menarik. Rasa penasaran membuat para turis ingin bergabung dalam antrian yang akan membawa mereka ke dalam sebuah celah sempit. Celah ini dapat menampung 2 orang sekaligus dengan kubah akrilik di atasnya. Dari sini, saya bisa melihat beruang kutub dari bawah, melalui perspektif mangsa mereka, anjing laut.

Quote:Quote:PENGUIN MARCH
Inilah acara yg paling ditunggu para turis. Dan memang hal seperti ini tidak ada di mana pun juga selain di Asahiyama Zoo ini. Ya mungkin ada serupa, namun cuma di sini kita bisa berdekatan dengan para penguin dengan jarak tidak lebih dari 1 meter.Emoticon

Kami udah ngantri di lokasi untuk menanti sesuatu yang menarik. Saya pun juga sudah mengambil posisi yang "enak" dan siap dengan kamera. Setelah penantian 5 menit, bintang utama mulai terlihat dari kejauhan.

Spoiler for Penguins:

Para turis tersenyum dengan riang terpesona oleh parade penguin yang berjalan melenggak-lenggok dengan imutnya. Anak-anak muda "menjepret" beberapa gambar, anak-anak kecil pun sering berteriak dan melompat-lompat dengan gembira, dan para orang tua terus menjaga anak-anaknya agar tak berulah nakal.

Spoiler for more penguins:

Entah bagaimana, salah satu penguin keluar dari kawanan dan menghampiri. Saya pun berjongkok karena terlanjur kepincut untuk menyentuhnya. Sebagai orang Indonesia, tentu saja saya benar-benar kegirangan setengah mati akan hal ini. Memangnya seberapa sering sih kita bisa lihat penguin?
Emoticon Apalagi jaraknya cuma semeter pula! Emoticon

Spoiler for they're flying:
Penguin

Ada pula terowongan aquarium di mana pengunjung dapat melihat penguin-penguin "terbang" di atas kepala. Keren banget dah!

Quote:Perlu diingat bagi para agan yg ingin berkunjung ke Asahiyama Zoo!!
Parade penguin cuma ada saat musim dingin aja
Karena acara itu yg menurut saya paling spesial. So, usahakan berkunjungnya pas winter ya!
*Jangan heran bila pengunjung yg datang mayoritas turis dari China*

Quote:Masih banyak hewan lainnya di zoo ini, seperti: orang utan, rusa, serigala, kapibara, dll. Namun apa daya, karena keterbatasan waktu, maka saya nggak bisa meliput semuanya. Emoticons

Foto- foto lainnya klik di sini:
Quote:flickr
http://flic.kr/s/aHsk8p6b3B

ATAU

alamy
goo.gl/ZlWhTo

Emoticon **TRIVIA** Emoticon
Spoiler for **TRIVIA**:
ADDITIONAL INFORMATION

Meski Asahiyama Zoo kini telah diberi predikat sebagai kebun binatang paling inovatif di Jepang, namun siapa sangka kalau ternyata beberapa tahun lalu zoo ini sempat mengalami masa-masa sulit.

Pengunjung berkurang drastis, hampir bangkrut, bahkan sulit untuk memberi makan hewan-hewannya lantaran kurang dana.

Untungnya, di tangan Gen Bando (zoo director pada masa itu), Asahiyama zoo kembali pulih dan kini terus buka untuk umum, hingga namanya tersohor ke luar negeri.

Metode hebat macam apa yang telah diaplikasikan oleh Gen Bando pada Asahiyama?
Monggo bagi yang penasaran:

(Bilingual Story: English - Indonesian)
Hokkaido: Asahiyama Zoo, The Northernmost & The Most Innovative Zoo in Japan


Quote:Quote:VIDEO
Untuk lebih jelasnya tentang Asahiyama Zoo

Spoiler for video:
- Asahiyama Zoo -



- Hokkaido Trip -


Quote:
Quote:"It's not just about the destination, but the journey"
Source: http://kask.us/ilLZn
ReveneuHits