Mengatur Pola MakanMenyiasati 'Kutukan' Kurus Abadi, Gemuk Turunan, dan Keren Sejak Lahir
anwar04-7578147
Tipe Tubuh Manusia
Quote:Hi gan, apa kabar nih? Semoga sehat dan baik selalu, ya..Emoticons

Di tret ini ane mau bahas tentang tipe-tipe tubuh manusia yang terdiri atas ectomorph, mesomorph, dan endomorph. Sebelumnya pernah ada tret yang bahas tema ini tapi isinya cuma jelasin definisinya sedangkan ane mau bahas skala yang lebih luas seperti suka dukanya, orang terkenal yang punya tipe tubuh tersebut, dan tips diet singkat.

Untuk konten tret ini ane susun berdasarkan pemikiran ane dengan referensi dari wiki.fitness.com karena harus ada fakta ilmiah dari web terpercaya.Emoticons

Tanpa banyak basa-basi, yuk langsung ke tekape, gans!
Emoticon

Quote:Kurus Abadi

Ectomorph

Tipe tubuh yang pertama ini boleh dibilang tipe tubuh yang ditakdirin kurus abadi. Soalnya badannya itu memang lurus tak berisi. Lantas apa saja suka duka orang yang punya gen kayak gini?

Sukanya, orang dengan tubuh bertipe ectomorph bisa melahap makanan apapun tanpa harus takut berat badannya menjadi naik. Mereka juga nggak kesulitan memilih pakaian karena badannya nggak berukuran ekstra. Bahkan, baju adik atau anaknya pun bisa dipakai kalau mau.Emoticons

Selain itu, mereka juga nggak perlu melakukan diet ketat untuk menjaga berat badannya. Yang ada mereka malah harus banyak makan untuk bisa kelihatan berisi.

Dukanya, mereka harus berjuang keras untuk bisa menaikkan berat badannya. Dari segi fashion, mereka nggak pantes pake baju yang slim-fit karena bakalan terlihat kayak tulang belulang dibalut pakaian.Emoticons

Untuk wanitanya juga sama, mereka bakalan kekurangan sedikit daya tariknya karena badannya nggak berisi. Kalau ane mengutip lagunya Meghan Trainor yang All About That Bass itu disebut dalam liriknya bahwa boys like a little more booty to hold at night.Emoticons

Nah, setelah melihat suka dukanya, apakah badan kurus begini perlu melakukan diet?

Jawabannya iya, perlu!

Karena diet itu bukan cuma berarti menahan diri dari makanan untuk menurunkan berat badan, gan. Kalo dari arti kata sendiri, diet itu diartikan sebagai the kind of food that you eat each day yang kalau diterjemahin kurang lebih jenis makanan yang dikonsumsi oleh seseorang tiap harinya.

Nah, untuk menjaga agar berat badannya stabil atau bahkan naik, orang dengan tipe ini harus mengonsumsi antara 750-1000 kalori lebih banyak dari kebutuhan harian badannya. Misal kalo normalnya tubuh perlu 600 kalori per hari, berarti si ectomorph ini harus ngonsumsi mulai dari 1350-1600 kalori setiap harinya.

Asupan karbohidrat juga penting yaitu sekitar 2-2,5gram per pound berat tubuhnya. Di antara sumber karbohidrat yang disarankan seperti beras merah, ubi jalar, ubi oranye, dan pasta coklat yang dibuat dari gandum.

Selain itu, si ectomorph juga perlu asupan tinggi protein seperti ikan, ayam, kalkun, daging khas dalam, dan telur. Takarannya mereka harus mengonsumsi protein 1,5gram per pound dari berat tubuh mereka.

Oh iya, dari tadi ane nyebut satuan pound yang nggak dipake di Indonesia. Kalo dikonversi ke kilogram ane lupa, 2,4 pound itu satu kilogram kalo nggak salah. Ane nggak sempet buka gugel buat konversi satuan beratnya.Emoticons

Okeh, sekarang kita lihat aktor dan aktris yang punya badan dengan tipe ini, gan. Dari kaum Adamnya ada Brad Pitt, Toby Maguire, dan Bruce Lee. Sedangkan kaum Hawa ada Cameron Diaz, Kate Moss, dan Audrey Hepburn.

Quote:Gemuk Turunan

Endomorph

Tipe kedua ini kebalikan dari yang pertama, mereka adalah tipe endomorph alias si gemuk turunan. Metabolisme yang lambat membuat mereka memiliki banyak timbunan lemak di tubuhnya. Asupan makanan yang berlebih bisa berdampak fatal pada peningkatan bobot tubuh si endomorph.

Sekarang kita bahas sukanya, gan.. Eh, tapi ane nggak yakin sih ada sukanya apa nggak buat mereka yang badannya gemuk turunan.Emoticons

Buat ngehibur para cewek yang punya tipe badan endomorph ini ane bakalan nyanyiin lagi lirik lagu All About That Bass yang ini, Yeah my mama she told me, "don't worry about your size!" She says, "boys like a little more booty to hold at night." ... I'm bringing booty back, go 'head and tell them that skinny bitches that.Emoticons

Kabar baiknya lagi, kalau agan sista mau punya badan berotot lebih gampang karena yang harus dilakukan cuma sedikit diet dan latihan fisik rutin untuk memangkas lemak yang berlebih di beberapa bagian tubuh.

Dukanya, golongan endomorph ini nggak bisa leluasa menyantap berbagai makanan karena bakal bikin badannya makin gede. Untuk pakaian juga nggak banyak pilihan. Slim-fit jelas nggak cocok buat mereka. Yang longgar sekalipun harus berjuang nyari ukuran raksasa yang nggak banyak dijual di pasaran. Akhirnya mereka harus punya tukang jahit pribadi deh.Emoticons

Sekarang kita bahas cara menyiasati agar gemuk turunan ini bisa diminimalisasi dampaknya, gans.

Karena si endomorph ini punya banyak banged timbunan lemak dalam tubuh yang harus dihilangkan, maka jalan pertama adalah dengan mengontrol asupan makanan yaitu dengan memperbanyak serat dan mengurangi kalori. Contoh makanan kaya serat rendah kalori adalah nasi merah, gandum, oatmeal, buah-buahan.

Selain itu, endomorph juga wajib mengonsumsi lemak baik untuk membantu proses pembakaran lemak yang terdapat dalam alpukat, minyak zaitun, dan daging-dagingan seperti dada ayam.

Mereka juga disarankan untuk mengubah pola makannya menjadi 5-6 kali makan per hari dalam porsi yang lebih kecil. Hal ini membantu mereka untuk menyiasati lambatnya metabolisme tubuh sehingga penimbunan lemak bisa berkurang.

Nah, sekarang siapa saja orang terkenal yang punya badan dengan tipe ini, gans? Mereka adalah Robin Williams, Philip Seymour Hoffman, dan John Goodman. Dan untuk wanitanya ada Jennifer Hudson, Oprah Winfrey, dan Beyoncé Knowles.

Quote:Keren Sejak Lahir

Mesomorph

Untuk yang terakhir ini adalah tipe idaman setiap orang di dunia. Mereka adalah makhluk dengan tipe mesomorph. Mereka ini perpaduan dari ectomorph dan endomorph makanya nggak heran kalo badannya terlihat keren dan proporsional.

Sukanya, pasti banyak banged nih yang bisa disebutin. Sebagai orang dengan badan yang proporsional, mereka bakal cocok dipakein apa saja, slim-fit keren, gombrong juga oke. Bisa menikmati berbagai makanan tapi nggak boleh berlebayan juga. Bisa gaya-gayaan dengan kepercayaan diri tingkat dewa.

Dukanya, hmm.., apa ya? Mungkin nggak enaknya kalo mereka jadi pusat perhatian karena pesonanya yang keren badai. Selain itu pasti banyak haters yang menginginkan bentuk tubuh kayak mereka. Pastinya mereka bisa jadi bahan gunjingan haters juga.

Punya badan keren yang merupakan anugerah dari Tuhan ini nggak boleh diperlakukan seenaknya, gan. Nte tetap harus menjaga pola makan agar bentuknya tetap terjaga dengan baik. Berikut beberapa pola makan yang bisa diterapkan untuk menjaga penampilan tubuh kaum mesomorph:

Karena metabolisme tubuh mereka nggak segila ectomorph, maka mereka nggak harus mengonsumsi kalori sebanyak ectomorph. Porsi yang disarankan adalah 40% karbohidrat, 30% protein, dan 30% lemak.

Dan untuk menjaga tubuh idealnya ini, mesomorph harus pintar-pintar mengatur asupan makanannya. Jika berat badannya menurun, maka ia harus meningkatkan asupan kalorinya. Tapi, kalau keadaannya justru mulai gemuk, maka mesomorph harus menurunkan asupan makanan mulai dari 200-500 kalori. Mereka juga membutuhkan asupan protein 1-1,5gram per pound berat tubuhnya.

Makanan yang direkomendasikan untuk mereka antara lain sayur-sayuran. Asupan karbohidrat juga bisa disiasati dengan mengonsumsi buah-buahan yang dikeringkan, kentang, oatmeal, dan juga lemak sehat yang banyak terdapat di dalam kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat, dll.

Sekarang kita kenalan sama mereka yang punya badan tipe ini, gan. Laki-lakinya antara lain Arnold Schwarzenegger, Sylvester Stallone, dan George Clooney. Dan wanitanya ada Jennifer Garner, Anna Kournikova, dan Serena Williams.

Quote:Sekian dulu tret dari ane. Kalo ada yang mau nambahin, silakan komen ajah, gans...

EmoticonsEmoticonsEmoticons

Ane minta maaf kalau ada kata yang kurang berkenan di hati agan. Ane nggak bosen-bosennya bilang kalo ane cuma manusia biasa, bukan Tuhan yang Maha Sempurna.

Sekali lagi ane ngucapin makasih buat yang sudah mampir. Ane juga nggak bosen-bosennya bilang kalo tret ini dibuat bukan untuk memuaskan segala kalangan. Jadi, kalau ada kekurangan karena tidak sesuai dengan minat agan, berilah maaf si TS karena hakikatnya, sebuah tret tidak akan mampu memuaskan seluruh Kaskuser.

Semua kembali pada cara memperlakukan 'kutukan' itu, gans.Emoticons
Quote: Selamat buat komen terpilih yang udah ane cendolin!

Sampai jumpa di edisi cendol komen berikutnya, gansEmoticons

Spoiler for Ectomorph:
Quote:Original Posted By robbiech
wkwkwkw parah ente gan, masa disebut 'kutukan', ane kasih tips dikit gan.

ane ectomorph kebetulan, dari kecil emang badannya paling kurus dibanding temen temen sebaya, tapi pas sma ane berontak aja gitu pengen gemuk gimana caranya, ya ane makan yang banyak + olahraga rutin,

kalo sekarang pake OCD jendela makan 8 jam (banyakin makan pas di waktu makannya) + olahraga dirumah tapi intensif wkwkwk, btw ane sotoi ya maap. CMIIW tapi ane emng kaya gitu sekarang tinggi 172cm berat 60kg (target 65) kadar lemak sekitar 12%, badan berisi dikit sih, akhir2 ini nyoba ke gym gitu ehh ditanyain tante tante mulu + *bukannya sombong* dibilang badan ane bagus gak terlalu gede tapi greget wkwkwkw

Quote:Original Posted By kirashinigami
ane kurus abadi kayaknya,makan sebanyak apapun gak gemuk gemuk.sempet khawatir ane kira ngidap cacingan

Quote:Original Posted By bebedagpoleng
ane salah satu dari tubuh yg kurus abadi... liatnya ga enak banget kalo pake baju yg ngepas dibadan

Quote:Original Posted By m00n2718
ane termasuk yang kurus abadi gan Emoticons
gak tau kenapa makan banyak udah, olahraga udah, minum susu macem2 udah tetep aja kagak nambah2 palengan 2 - 3 kilo doang itu pun gak berapa lama turun lagi kalo pas kecapekan gitu badanya Emoticons
satu yang belon di coba kata banyak orang sih kalo dah nikah baru bisa gemuk mitosnya nah tinggl ntu yang belon ane coba Emoticon

Quote:Original Posted By langitsayu
ane kurus nih... tapi nunggu abis nikah aja, katanya bakalan gemuk sendiri Emoticon

Quote:Original Posted By mraduhai
Parah ente gan Emoticons knp cm ectho yg bagus" cowny Emoticon

Berbagi dkit ya gan..
btw ane ectho lho..dibilang tengkorak hidup dulu suer SMA, ditoleh wanita aj kaga..
tapi stelah gw kuliah, gw sadar hrs brubah ni, msak tengkorak hdup, sakit bgt kan, sialan emng yg ngatain, aplg tmen sndiri..

pertanyaan" seputar eh kpan elo gemuk, ga bkalan gemuk deh, smpe gw deketin cew, gw nyadar ga pantes cew ny bohay gan Emoticons

singkat crita, stiap mau mkaan, gw push up pling engga 20x, kaliin aj sehari..
emng pd waktu it ga naik" jga sih Emoticons tapi perlu dicatat gan! walo berat ane ga naik, bdan ane kebentuk, setidakny dada mulai ad walo ga signifikan..ane lakuin trus tuh cara..dan perlahan berhasil naik, stelah it ane beralih ke gym..

Singkat crita, tmen ngajak gym,
oke ane gym, walo tmen ane yg ngajak pndh tmpt gym..ane sndiri braniin diri sndirian gan ga ad basic sm skli gym, minder bdan tengkorak, singkat crita..
ane ktmu org dy ajarin ane la alat" ny..

trus ane tekad dh tiap hari ane gym, masa bdoo ad kwan ga ad kwan nemenin, makan banyak, smpe mutah" dh pkokny hrs msuk t masi Emoticons Minum susu 2x aj sehari, mkan 5-6x
perlahan ane lihat prubahan bkan smnggu Emoticons tp 3 bulan lbih..
mulai naik walo ga bnyk..tp ad prubahn..

Mulai org liat gan, org" yg ngatain ane tengkorak idup, mreka mulai bilang muji" ane berotot hehehe Emoticons akhir thn kmren ane patahin tu statment ane kurus tngkorak hdp..ane dh janji akhir thn ane ilangin tu statment..dan ane brhasil..

permaslaah ny cm di ente mau usaha ap engga, nyerah ap engga dgn keadaan..tunjukin ente bs gan..

Sempet mikir dlu deketin cew ditolak Emoticons wajar aj ane ditolak, lha ane kya papan berjalan (ga nyingung sp"), gw jg klo jd cew ny ogah gw pkir Emoticons

Ayo gan, klo ane bs ente bs yg tbuh ectho
Emoticon
Pejwan ts

Quote:Original Posted By kurniadihusengo
Gw mau tambahin. TARO DI PAGE 1. INI PENTING.

Tipe tubuh gw ECTOMORPH.

Dulu waktu gw masih bayi dan balita gw gemuk. Umur 10 tahun kena Asma/bengek orang2 sini bilang. Gw diobatin 10 tahun baru sembuh tu Asma. Semenjak Asma sembuh badan gw kurus mau makan apapun sebanyak apapun sesering apapun setinggi apapun karbohidrat dan kalorinya tetep aja kurus atau mau makan junk food apapun tetep aja kurus.

Disini gw mau bilang kalo orang bertubuh ECTOMORPH ITU BUKAN BERARTI HARUS MAKAN APAPUN SEMBARANGAN TERMASUK JUNK FOOD SUPAYA BERAT BADAN BISA NAIK FAKTANYA TETEP AJA KURUS. ITU SALAH. Orang bertubuh ECTOMORPH hanya karena ga bisa naik BB bukan berarti boleh makan apapun. Orang bertubuh ECTOMORPH juga harus makan2 makanan bergizi dan hindari makan apapun sembarangan atau junk food.

Kenapa? Gw jawab YA!. Gw tipe ECTOMORPH, gw mau naikin berat badan gw makan apapun sembarangan termasuk junk food, gorengan, santen, lemak, lo sebutin makanan apapun yang lo tau gw uda pernah makan. Yang ada gw bukan gemuk gw malah kena HIPERTENSI ALIAS DARAH TINGGI.

Dari situ gw belajar kalo tipe ECTOMORPH bukan berarti boleh makan apapun karena dia kurus dan BB ga naik. Justru kalo dia makan apapun sembarang tapi BB ga naik2 itu malah bisa jadi numpuk penyakit kaya kencing manis, darah tinggi, kolesterol, asam urat, jantung, stroke, dll. MAU LO KENA KAYA GITU? UDA BAGUS KURUS SEHAT MALAH JADI KENA PENYAKIT BEGITUAN. KALO LU TIPE ECTOMORPH, 1 SARAN GW : MAKAN MAKANAN BERGIZI BANYAKIN PROTEIN, KARBOHIDRAT KOMPLEKS DAN PERGI KE GYM BUAT WORK OUT (ANGKAT BEBAN) HARUS RUTIN DAN DISIPLIN DIJAMIN BADAN MULAI BERISI.

Spoiler for Endomorph:
Quote:Original Posted By newzhae
aku yang gampang gemuk kayaknya nih Emoticons

Quote:Original Posted By lisaanwar37
ane cepet gemuk gan..
apalagi klo ga stres langsung cepet naek bb.
nyiasatinnya gmna gan?
masa ane kudu jd org stres dlu biar kurus...


Mesomorph

Spoiler for Mesomorph:
Quote:Original Posted By lilinilin
berarti ane termasuk mesomorph ya gan, soalnya pas kecil sampe smp badan ane ideal, terus pas sma gemuk soalnya makan asal2an terus pas kuliah ane ngatur makan langsing lagi deh sampe sekarang. dan badan ane ini gampang gemuk tp kl dilangsingin lagi juga cepet hehee Emoticon

Quote:Original Posted By zing_rays
ane tipe apa gan?
diet dikit kurus
makan dikit gemuk
olahraga dikit otot berisi
dalam 2 bulan ane bisa turun 6 kilo terus naek lagi
terus bisa naek 6 kilo terus turun lagi...
musuh ane cuma satu... males wkwkw Emoticons
Source: http://kask.us/iddI1
ReveneuHits