Google dan PenyakitSTOP TANYA GOOGLE Soal Penyakit Lo!
homeworxout-8789108
Quote:Quote:Dokter
Sumber

Quote:Badan gue pernah panas tinggi dan kemudian ada bentol-bentol merah di seluruh badan. Karena gue dulu lagi ngekos dan anak perantauan, gue harus mandiri dong. Jadi gue pake Google untuk tahu sebenernya gue sakit apa sih.

Blam!

Dari yang gue baca di Google, gue sakit demam berdarah. Waktu itu udah malem dan gue gak kuat kalo harus naik motor ke klinik. Gue panik dan gue search lagi soal obat-obatan demam berdarah. Katanya kalo lagi demam berdarah, tubuh kekurangan cairan. Jadi gue beli pocari yang 2 literan. Gue abisin itu 2 liter pocari dalam beberapa jam.

Keesokan harinya, bentol-bentol ilang dan panas badan gue mulai turun. Ternyata gue gak demam berdarah. Waktu itu lagi musim ujan, jadi gue kena flu dan bentol-bentol karena alergi udara dingin. Kampret.Emoticon

Quote:Quote:Google Bukan Dokter
Quote:Google Symptomps
Sumber

Setelah gue baca-baca, ternyata banyak juga yang jadi korban Google. Kesimpulannya adalah kebodohan kalo lo nanya google soal penyakit lo. Bukannya malah sembuh, lo malah bisa kena Hypochondriasis.

Quote:Hypochondriasis adalah ketakutan berlebihan atas kesehatan diri sendiri. Sumber
Bukannya malah sembuh, lo malah dapet penyakit baru. Ya, itu yang gue rasain waktu berimajinasi kena “demam berdarah” di atas. Apalagi saat gue juga baca-baca mengenai akibat-akibat dari imajinasi gue itu.

Coba gue kasih eksperimen ya. Gue coba input keluhan “Sakit kepala dan badan panas”.

Quote:Sakit Kepala
Sakit kepala dan badan panas = Tipes atau DB?

Saat lo input keluhan-keluhan lo di Google, Google akan menampilkan artikel-artikel yang menurutnya paling berhubunngan dengan keluhan lo itu. Ternyata algoritma Google ga pinter-pinter amat. Banyak hal yang menyebabkan suatu artikel ada di halaman pertama hasil pencarian Google, misal iklan dan SEO (search engine optimization). Jadi jangan berasumsi kalo informasi yang paling relevan itu ada di halaman pertama hasil pencarian Google.

Quote:Quote:Otak Ga Bisa Santai Kalo Soal Penyakit
Saat lo membaca mengenai kemungkinan penyakit-penyakit yang “serem” dari hasil pencarian Google, otak lo langsung mengaktifkan survival mode.

Quote:Masa iya sih gue tipes?
Masa iya sih gue demam berdarah?

Kemungkinan besar, lo melakukan diagnosa sendiri penyakit lo dengan membaca lebih lanjut mengenai penyebab-penyebab tipes dan demam berdarah. Lalu lo inget-inget deh apakah penyebab-penyebab tersebut cocok dengan yang lo alamin. Nah, ini problemnya.

Quote:Memory Quote
Sumber

Sebenernya kinerja otak dalam menyimpan ingatan atau memori itu bukan kaya kita nyimpen file di harddisk. Kalo kita nyimpen file di harddisk, file tersebut sama seperti saat kita simpen terakhir kali (tidak berubah). Tapi kalo ingatan yang disimpen di otak, bisa berkembang tanpa sepengetahun kita. Ini yang disebut False Memory.

Saat lo coba buat nginget-nginget penyebab lo sakit kepala dan panas, ingatan lo akan membuat ingatan-ingatan baru agar seolah-olah match dengan informasi yang baru lo tau, yaitu penyebab-penyebab tipes dan demam berdarah.

Quote:Ingatan Palsu
Mulai muncul ingetan-ingetan palsu yang bikin lo tambah stress. Stress. Stress. Semakin yakin deh kalo lo sakit tipes/demam berdarah.

Selamat! Selain sakit kepala dan panas, penyakit lo nambah Hypochondriasis. Emoticon

Quote:Quote:Makanya
Kalo sakit, minum obat warung dulu. Dan jangan lupain petuah lama:

Quote:Jika sakit berlanjut, hubungi dokter.
Haha. Emoticon

Quote:Ayo share juga soal pengalaman lo googling sendiri penyakit lo di internet, gan! Komen yang ciamik, ane angkut di pejwan. Please share info super penting ini ke teman-temen di medsos.

Emoticon

Quote:Emoticon PRO KONTRA PENDAPAT KASKUSEREmoticon
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By tiatiatiaa
Wah gue banget nih gan 😂
Kadang sebelum berobat gue suka buka google dgn keyword2 ala gue
Dulu gue inget banget ngetik "sakit ulu hati dan susah nelan makanan" dan taraa~ ternyata sakitnya serem2
At least gue minta tes lab aja langsung ke laki gue tanpa ke dokter dulu
Tau nya gue hamil bukan sakit2 parah gitu yg kata om google Emoticon

Quote:Original Posted By barryallenflash
prnah gan ane pas lagi tidur keluar air bening di hidung
trus karna ane kga prnah ngalamin kya gitu
ane iseng2 search Google hampir semua web mengatakan kalau itu cairan otak
sontak ane kaget Dan kwatir gan
bsk paginya ane Tanya emak ane ktanya itu gejala flu
eh bener keesokan hari nya ane pilek2
hahaha

Quote:Original Posted By newbornxiao728
Iya gan kampret emang internet gaselalu bisa dipercaya . Ane waktu abis futsal selangkangan sakit ane panik tuh kirain turun berok ciri cirinya mirip . Eh padahal cuma pegel biasa aje Emoticon

Quote:Original Posted By emict
Ane juga pernah sercing tentang gejala2 yang ane alamin, dan result di gugel bilang ane punya gejala penyakit serius. Emoticon sempet syok gan Emoticon padahal cuman gejala2 sepele dan keesokan harinya udah ilang. Emoticon

Quote:Original Posted By yozer
Sama ini ama yang kejadian baru baru gua alamin

Jadi saat itu gua sakit dan ngerasa sakit kepala hebat, pilek, demam nyeri otot sama tulang pada linu. Nah langkah pertama tanya google dulu. Dan yang gua dapatin Gejalanya cocok sama MENINGITIS. Panik gua. Mikir kemana-mana. Dan kebetulan emang gua abis jenguk dan ngelayat temen gua yang kena Penyakit itu. Langsung deh dikait2in, takutnya emang beneran nular.

Akhirnya gua coba ke dokter. Dan hasil dianosanya gua ternyata cuma Meriang aja. Haha.

Jadi emang bener deh. Sakit mending ke dokter aja biar jelas dan kita ngga mikir macem2. Karena sugesti memang menciptakan penyakit baru.

Quote:Original Posted By trevorphilips
Kalo ane cari-cari gejala dari Google ane usahakan dengan bahasa Inggris gan, sumbernya lebih terpercaya dan sejauh ini diagnosanya cukup benar sih setelah ane crosscheck ke dokter.

Ane sudah terlanjur skeptical sama website Indonesia soalnya banyak yang ngaco sama seperti YouTube Indo, mulai tanya gejala penyakit sampai resep makanan (kecuali makanan tradisional Indo) ane gak mau buka kalau websitenya lokal kecuali domain pemerintah.

Quote:Original Posted By AldoVanEverhart
ane anak kos gan ,ane juga ngalamin penyakit2 seperti yg dialamin oleh anak kuliah pada umumnya Emoticon
yg namanya sakit, gk ada yg tau datengnya kapan
makanya saat ngekos ane siapin segala macem obat dari parasetamol sampe antihistamin (jaga2 aja klo ane kena gigitan serangga ato kena alergi)
ane juga udh pernah kena dbd sama tipus sekaligus Emoticons maka dari itu ane tau beberapa gejala penyakit mulai dari dbd sampe tipus
dan bener aja selama ngekos ane terkena beberapa penyakit yg berasal dari lingkungan maupun ditularin dari temen ane sendiri Emoticons.
bisa dibilang ane cukup berpengalaman lah dlm mengobati diri sendiri Emoticon
ane biasanya search google cuma buat liat jenis2 obat sama harga obat yg cocok buat kantong ane Emoticons , tapi klo untuk mendiagnosis penyakit itu cuma bergantung pengalaman ane aja.
jadi pinter2 aja gan gunain google, gk ada salahnya juga kita googling Emoticons

Quote:Original Posted By aditgustiana21
kalo gua search digoogle tuh bukan cuman baca satu artikel tapi banyak artikel untuk menguatkan gua tuh sakit apa, jadi jelas. seenggaknya dengan begitu lu engga ketergantungan sama gugel semua. keputusan ada di elu bukan digoogle. google cuman nyediain opsi doang,kita yang milihmah,resiko resiko yg ambil kita,

Quote:Original Posted By azull27
kelas 2 smk ane abis study tour badan pegel linu semua nyeri sendi semua dri atas sampe kaki , abis itu ane biarin biar sembuh sendiri , keesokan harinya badan ane muncul bintik2 disemua badan , ane panik , ane langsung googling dan itu bener ane kena cacar air , ane ikutin semua treadmen , mulai dari perawatan biar bintik ga pecah dan ane isolasi diri 1 minggu ga keluar kamar , cuma mainan hp , dari semua treatmen ada benarna dan manfaatnya , ya tubuh ane yang udah kaya Rempeyek kedelai , udah hilang semua total bekas bekas cacar , dan itu semua sy obatin pake jagung muda dan obat pengering luka , nah yg salah itu ada digoogle kalo kena cacar ngga boleh kena air , dan ane ikutin juga itu pepatah , padahal sebaliknya kena cacar harus bersih , mandi juga harus , alhasil badan ane malah tambah banyak bakteri + makin banyak deh bintik bintik . Dari situ ada benernya juga sih ngga selalu kata google , tapi disis lain google juga membantu kok gan

Quote:Original Posted By djinggo88
alur yg benar itu adalah

ke dokter dulu -> dijelaskan apa kemungkinan penyakitnya -> baru googling

btw anyway...
dokter kalau bingung juga suka buka mbah google kok Emoticon gk mungkin kan buka textbook Emoticon klo mau cari jawaban segera

tapi y tentu sjaa googlingnya gk ngasal .

Quote:Original Posted By djinggo88
penyakit itu gk kaya matematika gan dimana 1+1= 2
keluhan simple macam "sakit perut" / "demam" aja bisa menghasilkan diagnosis yg macam2

meskipun suatu penyakit sudah didukung dng data2 dri pemeriksaan penunjang lainnya
tetap saja harus dibuat diagnosis banding nya

Quote:Original Posted By 120394
Yah tersrah ente gan, ane gak pernah bilang penyakit kayak matematika, ane cuma bilang cari yang kredibel dari berbagai sumber terus simpulkan, dan selama ini ane cari sakit perut dan demam di internet juga gak mungkin cuma satu aja diagnosisnya, kecuali ane anak sd yang baru ngerti google yang mudah percaya terus nyari info di blog gak resmi tanpa entitas organisasi dan alamat yang ada di paling atas indeks google.

Fyi, ane punya pengalaman cari info rahang gak bisa kebuka, cari digoogle, ane simpulin gigi bungsu bermasalah, dan ternyata bener kok ane ke puskesmas terus lanjut ke sp bedah mulut, malah ane sudah bisa siap2 duit pencabutan selama nunggu rujukan yang lama banget, 1-2 minggu mulut gak bisa mangap bayangin dah.


Quote:Original Posted By SouthWindow
ane bukan dokter, cuma ane hidup mandiri dan sebisa mungkin ngga teriak2 atau minta minta tolong
ya kalau ada orang, kalau engga
ane sedia dirumah

kayu putih
kalau mules atau pusing
bioplacent*n
luka bakar
laudia
diare
paracetamol / ibuprofen
buat pereda nyeri dan istirahat

optional

vitamin
kalau pas merasa drop dan kurang variasi jenis makanan.
plester
luka luar.
obat sariawan
antiseptik dan mencegah sariawan sebelum jadi.
obat tenggorokan
suka bikin ngga enak tidur kalau pas sakit.

Quote:Original Posted By teratai426
Ane Juga,
kalau sekedar nanya, salahnya Dimana?
Yang makin Aneh kita percaya mentah2 data yang kita sudah dapat, apalagi gak pakai data pembanding

Emang kalau Sakit nanya Dokter, apa jaminan bisa sembuh Juga, apa solusi dari mereka terjamin

Ane sendiri kalau ada apa2 selalu cari data sebanyak mungkin, bandingkan, diskusikan dan putuskan, hasil tentu dipasrahkanlah

Mau sedang sakit sampai cari hotel lebih enak kalau kita punya info yang beragam

Emoticon

Quote:Original Posted By hariz11
semakin maju zaman semakin canggih juga teknologi yang berkembang kaya teknologi informasi yang semakin luas dan dinamis sekarang ,dan semakin males juga orang melakukan aktivitas yang nyita waktu dan nguras tenaga karna kecanggihan teknologi dibuat biar memudahkan pekerjaan manusia Emoticons ,nah tinggal kita sebagai manusia nih yang harus bisa nyikapinnye Emoticons klo kyk kasus agan TS masalah penyakit liat di google penyebabnya ane khawatir bisa aja dapet informasi salah gan Emoticons
soalnya banyak blog/web yg blum tentu bener informasinya karna banyak faktor.kalo menurut ane sih klo masalah badan seuregent gmna juga harus sama pakarnya kyk dokter atau mantri puskesmas lah y deket dari kosan Emoticons masalahnya apapun yg udah kita konsumsi gak bakal bisa kita keluarin lagi gan Emoticons (kalo dipaksa mungkin bisa Emoticons ) agan juga gak bisa diagnosa sendiri..saran ane sih gtu gan. tanyakan pada ahlinya apalalgi buat badan Emoticons

#justmyopinion Emoticons

Quote:Original Posted By weidenfeller
Kalau pada percaya Google, berhenti dah gw belajar kedokteranEmoticons

Quote:Original Posted By iyoofficial
ane pernah begini gan emang bener bikin stress karena kepikiran terus lalu rasa cemas menghantui ane tiap waktu.. untuk agan2 yg lagi gak sadar kna kekhawatiran seperti ini mending kelola pikiran dengan baik rajin2 bersyukur ini bisa mengubah cara pandang agan.. nice inpo buat TS Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By rannma
Saat sakit apapun, yang perlu dilakukan pertama kali adalah memperbaiki pola hidup. Istirahat, banyak minum air putih, makan2an yang bergizi. Kalo berangsur sembuh, berarti masalahnya adalah di metabolisme tubuh. Entah apapun keluhannya, mau panas, pilek, batuk, mual2. Krn menurut ane pribadi, penyakit ga bakal langsung parah.

Nah kalo dah lewat 2-3 hari gejala ga berkurang sama sekali/tambah parah, langsung ke pelayanan medis.

Jangankan google, dokterpun ga benar2 tau kita sakit apa kalau cuman melihat 1-2 gejala penyakit. Krn butuh kondisi lain untuk menentukan langkah apa yang akan diambil. Apakah bisa langsung diagnosa atau harus di lakukan serangkaian tes untuk nentuin itu penyakit apa.

CMIIW

Quote:Original Posted By capcuser
hahaha, ane salah satunya, beberapa bulan belakangan suka pusing2 gitu dan muntah tiba2, suka limbung, dada berdebar. belum berani cek ke dokter waktu itu, iseng cek gugel dengan kata kunci sesuai tanda2 sakit ane. dan tebak apa yang keluar?....yak miningitis, kanker otak, jantung koroner, dll. dan apa yang terjadi setelah ane baca? ane parno berlebihan bahkan sampai nangis nangis ke bini. sama bini di marahin, "sakit tuh ke dokter, bukan ke mbah gugel", hahaha.

akhirnya ane ke dokter, so sakit ane adalah....kurang tidur. dan benar kata TS, false memory tadi, jadi ngait2in dengan kejadian2 sebelumnya. pada dasarnya emang ane kurang tidur karena tuntutan pekerjaan Emoticons wkwkwkw.. ane sadar ane terkena Hypochondriasis.

Sekarang ane udah ga pernah lagi gugling penyakit lagi. Emoticons

Angkut pejwan TS Emoticons:

Quote:Original Posted By otnairamsuga
Klo menurut ane, cara agan itu nggak salah sih gan.. Sepanjang perjalanan hidup ane, cie elah
Selama ini ane terbantu banget yg namanya Google. Tapi ane juga nggak telan bulat" apa yg ane baca dari artikel yg ane dapat hasil Googling, banyak gan blog atau Web yg isi nya tidak bisa di pertanggung jawabkan atau isi blog modal copas dari blog lainnya. Intinya pinter" kita memilih dan memilah aja.
Just my 2 cents Emoticon

Quote:Original Posted By noeyes
Pembela google datang ...
Google emang bukan dokter,
Dia cuma mencari artikel dgn kata kunci yg agan masukan...
Jika artikel rujukan nya salah kok nyalain google...anyway dokter jg bs salah..
Itu jauh lebih buruk dari kesalahan logarithmic google...

Quote:Original Posted By blite13
Temen ane ada tuh padahal sakit biasa, terus baca artikel hasil searching di google. Dia malah nyimpulin kalo dia kena kanker kelenjar getah bening. Emoticon padahal cuma radang tenggorakan biasa.

Quote:Original Posted By kynaldo
wah jangan salah gan ane karena google jadi bisa berobat secepatnya loh jadi gak sampe parah baru berobat , jadi kemaren ane demam sama pusing , hari pertama ane diemin aja karna ane pikir panas biasa besok nya masih demam dan pusing gitu terus ane niatin beli obat paracetamol di minimarket kan terus ane tidur panas nya sih ilang tapi pusing nya masih , sudah ane searching lah di google kenapa dengan ane dan ane dapet artikel kalo ane lagi kena typus ane baca sampe abis dan dapet lah gejala nya yaitu lidah jadi putih saat itu juga ane cek eh ternyata bener lidah ane putih gan , dan ane mikirnya wah typus nih , besok nya ane pesen tiket travel buat mudik kan soalnya udah malem jadi pesen besoknya (ane ngekost dan jarak rumah ane sama kosan sekitar 5 jam ) sampe rumah besoknya lagi ane baru berobat ke dokter dan ternyata bener gan ane kena typus dan untung nya gak rawat inep karna belom parah Emoticon

jadi intinya sih tergantung kita nya bisa gak manfaatin teknologi gan , terkadang google bener kadang juga bikin sesat jadi pinter" filter aja sih menurut ane hehe

Quote:Original Posted By ryammaryam
wahh keren banget gan threadnya Emoticon
ngangguk-ngangung ane bacanya, bener semua apa yg agan bilang Emoticon

Ane juga pernah tuh, nyari jawaban soal penyakit abe di google
Kalian tahu jawabannya? gak usah disebutin lahh yaa penyaikt apa, tp yg pasti ane sampe nangis bacanya gan.Emoticons
Tp pada akhirnya ane periksa ke dokter dan ternyata, gak separah yg google bilang. Malahan sekarang udh sembuh. Bersyukur bgt ane sama pak dokterEmoticon
Untungnya lagi, ane gak coba2 obat dari mbah google gan. Mungkin lebih parah kali yaa kalau ane coba-coba.

Nihh deh buat agan Emoticon
Source: http://kask.us/ig2Ru
ReveneuHits