Hidup Tanpa SosmedApa Rasanya Hidup Tanpa TV dan Sosmed di Tahun Segini? Ini Jawabannya
homeworxout-8789108
Into To Wild

Ini Christopher McCandless. Judul filmnya Into The Wild. Film ini berdasarkan cerita nyata soal doi ga setuju dengan kehidupan masyarakat yang materialistis, jadi doi cabut ninggalin kehidupannya. Doi cari arti hidupnya di alam dan ngabisin sisa hidupnya di sana.

Film itu salah satu inspirasi gue buat berani hidup beda dari yang lain. Gue ngerasa terlalu banyak gangguan (noise) yang buat gue jauh dari diri sendiri. Salah dua gangguannya ya dari TV dan sosmed. Jadi gue, selama 4,5 tahun ga pake sosmed dan 5 tahun lebih ga kebiasaan nonton tv (gue cerita soal ini di spoiler bawah). Tujuan gue share adalah gue pengen ngasih gambaran apa yang lo bakal rasain kalo lo mulai ngurang-ngurangin buang waktu di sosmed. Berhubung ini mau bulan Puasa, jadi momennya pas, lo bisa lebih punya banyak waktu buat kenal diri lo sendiri dan, tentunya, ibadah.

Quote:#1 – Lebih Kenal Diri Lo

Knowing your self
Sumber

Lo akan lebih punya banyak waktu buat diri lo sendiri. Waktu yang banyak ini bisa lo pake buat lebih kenal diri lo sendiri. Misalnya:
  • Kok gue kurang bisa nahan emosi ya?
  • Kok gue kurang bisa konsentrasi ya?
  • Kok gue kalo ngomong sama orang, kedengerannya sinis ya?
  • Kok gue mikirnya loncat-loncat ya?
Kalo lo udah mulai berpikir begini, artinya self awareness lo naik. Self awareness ini penting bro karena self awareness ini berhubungan sama diri lo sendiri. Ibaratnya, TV dan Sosmed adalah kacamata buat lihat dunia luar, tapi ga jarang, kita kebanyakan lihat ke luar. Jarang ke diri sendiri. Akibatnya timbul iri liat postingan orang, delusional, FOMO dan lain-lain. Padahal diri sendiri masih banyak kekurangan. Self awareness ini juga berhubungan dengan gimana lo berdamai dengan diri lo sendiri loh agar hidup lo lebih happy.

Quote:#2 – Belajar jadi Diri Lo yang Lebih Baik

Buku
Yang kiri belum gue baca. Haha.

Setelah lo tau lo banyak kekurangan, lo akan berusaha memperbaiki kekurangan lo. Entah lo lebih ngurusin kebersihan, mulai olahraga, banyakin ibadah atau banyakin baca buku. Super penting juga nih. Persaingan dimana-mana, entah di sekolah, kantor atau bisnis. Hanya lo yang bisa ngangkat derajat lo dengan terus menerus ngembangin diri lo. Ibaratnya lo lagi di dalem jurang, tali penyelamat lo adalah belajar.

Quote:#3 – Lo Bisa Lebih Produktif

Produktif
Sumber

Ngaku aja deh. Salah satu penyebab utama lo nunda kerjaan pasti scroll-scroll media sosial dan nongkrong depan TV nonton HBO atau D’Terong (sumpah, kalo lo nonton d’terong, gue pura-pura ga kenal). Jadi sebenernya banyak yang lo bisa kerjain dalam satu hari. Tapi gara-gara lo anggep update-an temen lo soal meme puasa lebih penting, banyak kerjaan yang ga kelar.

Meme Ngabuburit
Sumpah, garing. Sumber

Dengan lo ngurangin waktu lo di media sosial, lo bisa kerja, belajar, nulis thread, olahraga, ibadah dan lain-lain. Waktu itu uang, bos. Saat lo sibuk sama media sosial lo, ada orang lain yang siap terima rejeki lo.

Quote:Recap

Setelah gue panjang-lebar, lo udah tau kan keuntungan ngurangin medsos dan TV, gue ada cara buat ngurang-ngurangin waktu lo di media sosial.
  1. Lo bisa pake aplikasi QualityTime, Offtime atau Break Free Cell Phone Addiction. Aplikasi itu gunanya buat ngetrack pemakaian gadget lo. Kegunaan lainnya adalah lo bisa set jam berapa aja lo boleh main medsos.
  2. Sedikit demi sedikit, kurangin waktu lo di medsos.
  3. Ganti kegiatan lo dengan kegiatan yang lebih produktif.
Lihat pattern-nya; track, set, kurangi dan ganti

Sip deh, akhirnya beres juga gue share soal sosmed dan tv. Kaya thread-thread gue yang lain, thread ini akan jadi “rumah” buat nampung tulisan gue soal diet sosmed dan TV. Please klik subscribe, rate dan cendolin ya. Oya, soal cerita kenapa gue ga main medsos dan TV ada di bawah.

Quote:Kenapa gue lepas sosmed dan TV?
Ga Nonton TV

Gue ga nonton TV karena kecewa sama kualitas TV Indo dan ga tertarik sama TV berbayar. Konsep TV itu ga fair. Lo dicokokin informasi tanpa lo bisa milih, men. Padahal ga semua informasi itu lo butuh. Contoh: kalo lo mau lihat berita soal A, lo harus nunggu/dengerin berita lain dan iklan dulu, sebelum berita A dibacain. Shit. Gue cuma butuh berita dan informasi yang gue mau, gue bisa dapet itu dari internet, majalah dan buku.

Ga Punya Sosmed

Selain buat keperluan yang produktif (usaha dan nulis), gue ga punya sosmed yang aktif. Haha. You name it.
  • Facebook: not active
  • Twitter: not active
  • Path: scroll-scroll ngintipin idup orang? ga guna buat gue
  • Instagram: no no, buang waktu
  • Google +: kuburan robot
  • Snapchat: jangan tanya
Channel online gue yang aktif ya ini; WordPress udah setahun, Kaskus belum seminggu. Gue baru 1,5 tahun terakhir aktif online lagi setelah 3 tahun hanya pake Nokia yang masih Symbian. Selama 4,5 tahun, hidup ane fine-fine aja tanpa sosmed (kecuali kalo lo anggep ketinggalan meme itu ga fine ya). Gue lebih suka interaksi langsung sih.

Disclaimer: Sebelum gue digantung rakyat kaskus, gue punya Linkedin yang gue bikin buat cari kerjaan doang. 2-3 bulan setelah itu, ga aktifEmoticon
Source: http://kask.us/ifZce
ReveneuHits