Hati-Hati Bagi Agan Yang Sering Ambil Uang di Mesin ATM Plus Tips Antisipasinya riadyawan-1315929 |
---|
Selamat siang mimin, momod, agan-agan dan agan wati kaskuser semua, ane ijin buat share pengalaman pas ane mo ambil uang di mesin ATM semalem.
Singkatnya gini, ane semalem sekitar jam 11 malem rencana mo ambil gaji sama THR ane di mesin ATM terdekat di bank ******* di kota ane. Ane pake mesin ATM yang nominal kelipatan 100 ribu, seperti biasa ane masukin kartu ane, setelah itu ane masukkin PIN, so far masih normal, nah ane ga' langsung ambil uang tunai, ane nyoba liat Informasi Saldo dulu walau sebenernya ane dah tau sebelumnya cz dah ane cek via mobile banking. Nah seketika itu juga layar di mesin ATM tertulis,"Kartu Anda Ditahan" nah ane bingung kan, ane coba pencet-pencet mesin ATM-nya ga' ada respon.
Kebetulan ruang samping lampu masih nyala, ane liat-liat ternyata masih ada satu security aka satpam disitu. Berharap ane bisa melanjutnya transaksi, ane lapor aja ke satpam itu,
Quote:a : ane gan
s : si satpam gan
a : Permisi Pak, boleh saya minta bantuan?
s : Kenapa mas?
a : Gini Pak, saya tadi mau ambil uang tapi kok ada notifikasi "Kartu Anda Ditahan", itu gimana ya?
*ngacir ke mesin ATM
s : Tadi masnya kelamaan dibiarin kali kartunya jadi ketelan.
a : Yah ga' kok Pak, tadi saya baru aja masukin kartu sama PIN-nya, baru aja mo cek Info Saldo langsung kek gitu.
s : Itu ketelan mas, besok masnya langsung ke CS aja lapor.
a :
Pas itu ane ga' naruh curiga, cuman emang ane sempet mo rekam video tu satpam pake XNeo ane pas ngaduin ke CS besoknya cuman ane keburu jadi ane maen ngacir aja.
Ane pulang ke rumah, bilang sama kakak ane ceritanya, spontan kakak ane nanya, ane pake internet banking atau kaga', ane bilang ane ada mobile banking, dan seketika itu pula kakak ane minta ane buat ngosongin uang ane pindah ke rekening kakak ane. Spontan juga ane langsung nurut, ane pindahin nominal maksimal dari rekening ane ke rekening kakak ane, habis itu kakak ane baru cerita. Mendekati lebaran gini banyak orang (red:maling) yang cari celah, entah itu curanmor atau modus-modus lainnya termasuk cari celah di mesin ATM, tak terkecuali satpam yang jaga mesin ATM atau oknum lain entah kerjasama atau ga' sama pihak satpamnya, itu mesin ATM bisa direkayasa seolah-olah kartu dari nasabah tertelan tapi pas nasabah dah pergi tu oknum langsung memulai aksinya.
Duh ane kok ga' kepikiran sampe situ ya, ane lega banget, bersyukur banget ane dah biasa pake mobile banking. Ane mikir kalau ane ada diposisi orang lain yang ga' ngerti mobile banking sama internet banking gimana? Kalau ternyata emang tu mesin ATM direkayasa sama oknum tertentu gimana? Apa yang bisa dilakukan, satpam cuma bilang besok lapor CS, lah kalau nunggu ga' sampe besok tu dana yang ada di rekening ya pasti sudah dikuras sama malingnya. Paling banter kek yang kakak ane bilang, telpon pihak bank buat blokir kartu rekeningnya.
Disitu ane pikirannya makin meluas, tapi ane coba buat nenangin diri, parah-parahnya tu maling cuma bakal mrongos liat isi rekening ane cuma sisa uang yang ga' bisa ane ambil gara-gara batas minimum pengambilan.
Hari berikutnya (hari ini, pas trit ini ane bikin) ane coba lapor ke Customer Service bank ******* di kota ane. Setelah ngisi formulir dan mengantri cukup lama ane ngasih laporan ke mba' CS-nya.
*the following conversation has been shortened to save space and time
Quote:a : ane gan
c : mba' CS ca'em
c : Silahkan duduk, ada yang bisa kami bantu?
a : Gini mba', semalem saya mau ambil uang di mesin ATM, tapi tiba-tiba ada notifikasi "Kartu Anda Ditahan" gitu mba'?
*sambil ngasih form laporannya
c : Wah kartu mas tertelan, semalem ambilnya di ATM mana ya? Boleh saya pinjam KTP-nya?
a : Mesin ATM di depan situ mba'. *sambil nunjuk mesin ATM yg ada didepan bank lanjut ngasih KTP ane ke mba' CS-nya.
c : Di mesin yang sebelah mana?
a : Sebelah kanan mba', yang nominal 100 ribu.
c : Baik, masnya ngisi pernyataan ini dulu, ditunggu sebentar ya. Badruuunn!! *manggil temennya (bukan nama sebenernya), ini semalem ada kartu yang tertelan, coba tolong ambilkan di mesin ATM yang itu.
a : ...................................................... *lagi ngisi form pernyataan kartu tertelan...
*selang beberapa menit (waktu terasa cepat kalau ane nyoba ngajak ngobrol mba'2 CS-nya. )
c : Duh, maaf mas, ini tadi sudah dicek di mesin ATM-nya tapi tidak ada satu kartu pun. Masnya bawa buku tabungannya?
a : (Dalam hati ane, nah loh bener kan, semalem satpamnya ga' beres) Mmm, bukunya saya ga' bawa mba'. Ini saya lanjut ngisi formnya atau gimana?
c : Oh formnya sudah tidak perlu diisi soalnya ini sudah beda, bukan pengambilan kartu yang tertelan tapi penggantian kartu, jadi untuk penggantian kartu masnya harus bawa buku tabungannya. *sambil nyobek form yang tadi
a : OK, untuk ******* tutupnya jam berapa ya mba'?
c : Hari ini tutup jam 3 mas.
a : Haduh padahal sekarang sudah jam setengah tiga ya, besok ******* juga libur.
c : Kalau begitu Senin juga bisa kok soalnya Senin Selasa kami masih buka. Untuk sementara kartunya kami blokir saja gimana?
a : OK, blokir saja mba'. Kalau begitu saya kesini besok Senin aja mba', makasih banyak.
c : Terima kasih, ini kartunya sudah kami blokir.
*langsung dah ane
Nah, ane bersyukur banget kakak ane semalem nyaranin ane buat mindahin semua isi rekening ane, bersyukur juga ane ada mobile banking jadi tertolong kalau ada situasi seperti ini.
Sebagai penutup, berikut tips antisipasi dari ane agar agan dan aganwati semua ga' ngelamin yang ane alamin semalem :
- Kalau agan pingin ngambil uang di mesin ATM usahakan gunakan mesin ATM yang ada di lokasi bank yang bersangkutan biar kalau ada apa-apa bisa langsung menghubungi pihak bank (yang bukan satpam kalau dirasa satpamnya kurang bisa dipercaya)
- Kalau agan pingin ngambil uang di mesin ATM usahakan ngambil pas jam operasional kantor/bank biar kalau ada trouble masih bisa diurus langsung
- Selain jaga kerahasiaan PIN masing-masing, pastikan pula di mesin ATM tidak ada benda asing yang mungkin bisa saja media dari si maling buat melancarkan aksinya
- Kalau kartunya sudah terlanjur tertelan dan bank sudah tutup dan tidak ada karyawan lain selain satpam, coba minta bantuan ke satpam
- Kalau satpamnya tidak bisa diandalkan segera hubungi nomor pelayanan bank terkait untuk request blokir, juga untuk lebih pastinya kalau ga' hapal nomor pelayanan cek langsung di web bank terkait karena kadang ada kertas yg isinya nomor pelayanan palsu yang biasa buat mengecoh korban yang ujung-ujungnya mengarahkan ke prosedur yang lebih merugikan korban
- Bagi agan pengguna smartphone entah BB, iPhone, Android atau bahkan Symbian bisa memanfaatkan fasilitas mobile banking sesuai platform masing-masing dan sesuai bank masing-masing, selain bisa dapat banyak manfaat dan kemudahan bertransaksi juga bisa sangat bermanfaat ketika terjadi hal-hal seperti yang ane alami, kartu dah terlanjur musnah masih bisa backup dana ke rekening lain. Kalau agan pakai mobile banking sih ane saranin jangan pernah jual smartphone itu ke orang lain, mending pakai sampai rusak atau akai selamanya atau kalau mo pindah tangan kasih ke keluarga aja.
- Kalau pakainya feature phone yang tidak support aplikasi mobile banking masih bisa antisipasi menggunakan sms banking, cuman pengalaman ane sms banking dikit-dikit ngurangin pulsa makanya ane prefer mobile banking
- Kalau ga' pingin pake mobile maupun sms banking masih ada jalan lain yaitu via internet banking, cuman internet banking kelemahannya kalau ga' pakai token cuma bisa lihat log transaksi tapi ga' bisa buat transaksi misal transfer, as far as i know.
Quote: Tambahan TIPS dan PENGALAMAN dari agan-agan semua :
Spoiler for Tambahan tips dan pengalaman dari agan-agan:
Secuil Tanya-Jawab yang ane kumpulkan di trit ini :
Spoiler for Agan Tanya Ane Jawab:
Source: http://kask.us/hgfQ2 |
---|