Mau berbagi ilmu teknik menggambar sketsa wajah nih gan
Interest - Drawing - Lifestyle - Art - Activity - Creativity - Inspiring
sphynxart
UserID: 8433048
Selamat pagi dan salam sejahtera pokonyaaaaa mah buat agan-agan dan sista-sistanya.. Emoticons Emoticons Emoticons

mau numpang share ilmu cara menggambar sketsa wajah niih semoga bermanfaat dan ga salah categori yaaa kaka, masih newbie kalo salah categori nih

yuk langsung ajaaaaaa nih simaaak bareng-bareng...

Bagian paling tersulit dalam menggambar manusia adalah kepala atau wajah. Berbeda dengan anggota tubuh lain, wajah atau kepala memiliki ekspresi yang unik. Para seniman telah banyak yang mempelajari serta menangkap esensi iranian language pada wajah manusia, sehingga lahirlah teknik menggambar sketsa wajah manusia dengan cepat dan benar. Dibawah ini adalah contoh dari sketsa wajah hasil karya para seniman kita:

Posting kali ini saya akan mencoba membantu anda yang ingin belajar membuat sketsa wajah manusia.
Sebelum kita memulai, terlebih dulu harus kita persiapkan alat dan bahan yang diperlukan, diantaranya adalah:
1. Buku gambar ukuran bebas : Seseuai kebutuhan.
2. Pensil gambar, dengan ukuran HB, 2B, 3B, 4B, 6B, 8B.
3. Penghapus yang berkualitas.
4. Penggaris dengan ukuran panjang 30 cm.
5. Foto yang akan kita buat sketsa.

Saran:
– Sebelum anda memulai, pastikan pensil tajam karena akan berpengaruh terhadap goresan gambar.
– Keberishan meja dan buku gambar juga harus diperhatikan, hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil karya anda.

Setelah semua peralatan telah tersediia langkah selanjutnya adalah tahapan membuat bentuk kepala, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:


Quote:1. Buatlah atau gambarlah bentuk oval bagian atas oval sedikit lebih besar dan bagian lain disesuaikan dengan foto yang akan kita buat sketsa, lihat gambar dibawaah.

Spoiler for A:
Tutorial Sketsa Wajah

Quote:2. Setelah langkah satu berhasil kita buat, tariklah atau buat garis vertikal dan horisontal pada bagian tengah bentuk oval tersebut, sehingga akan nampak gambar seperti dibawah.

Spoiler for B:
Tutorial Sketsa Wajah
Tutorial Sketsa Wajah

Quote:3. Selanjutnya bagilah bagian bawah dengan dua buah garis horisontal lagi, sehingga akan nampak seperti gambar berikut.

Spoiler for C:
Tutorial Sketsa Wajah

Keterangan :
A. Garis Horisontal 1, digunakan untuk memudahkan kita dalam membuat mata. Istilah kerennya adalah menggambar bentuk almond.
B. Garis Horisontal 2, digunakan untuk memudahkan kita dalam membuat hidung atau ukuran hidung.
C. Garis Horisontal 3, digunakan untuk memudahkan dalam membuat bibir atau mulut.

Quote:4. Masih menggunakan pensil HB, selanjutnya kita akan membuat mata.
– Pada garis horisontal 1, silahkan garis itu dibagi menjadi 5 bagian sama panjang, lihat gambar dibawah ini.


Spoiler for D:
Tutorial Sketsa Wajah

– Buat lah 2 mata dengan ukuran yang sama pada bagian b dan d, lihat gambar dibawah ini.

Spoiler for E:
Tutorial Sketsa Wajah

Quote:5. Membuat Alis : Buat garis melengkung tepa diatas kedua mata, kemudian arsir seperlunya.

Spoiler for F:
Tutorial Sketsa Wajah

Quote:6. Membuat hidung : Patokan dalam menggambar hidung adalah garis vertikal dan garis horisontal 2. Panjang hidung diukur dari garis horisontal 1 sampa garis horisontal 2. Lihat gambar dibawah ini.

Spoiler for G:
Tutorial Sketsa Wajah

Quote:7. Membuat mulut atau bibir : Buatlah mulut pada garis horisontal 3 dengan ukuran yang proporsional.

Spoiler for H:
Tutorial Sketsa Wajah

Quote:8. Membuat telinga : Patokan membuat telinga adalah sama seperti saat membuat hidung, yaitu garis horisontal 1 dan garis horisontal 2.

Spoiler for I:
Tutorial Sketsa Wajah

Quote:9. Menggambar rambut : Meskipun hanya dengan garis, poses ini cukup rumit karena goresan dan arsiran harus tertata rapi. Rambut ini terdiri dari beberapa jenis ada rambut lurus, rambut keriting, rambut bergelombang, dan lain-lain.

Spoiler for J:
Tutorial Sketsa Wajah

Mungkin itu saja menurut saya langkah-langkah dasarnya untuk membuat bentuk wajah nya,,
Tipsnya sii jangan pernah ngerasa bosen untuk menggambar teknik dasar tersebut, kuncinya itu mengalir pada kinerja otak kalian masng-masing dimana semakin sering menggambar akan semakin banyak menemukan ide yang akan menyempurnakan suatu gambar wajah tersebut,

sumber nya dari mbah gugel postingan diatas
terima kasih atas waktunya buat mampir nih, semoga bermanfaat buat yang nyimak..

Kritik dan sarannya sangat dibutuhkan yaa kakak kakak untuk menjadikan kami yang lebih baik jangan ragu apabila kami ada kesalahan mohon diingatkan
terima kasiiih selamat pagiiii


Spoiler for tambahan sketsa untuk kaskuser:
Quote:Original Posted By sphynxart
Quote:Original Posted By ahmad.purnomo
oh iya kalo mau balas post orang klik aja "quote" terus nanti ketik dibawahnya deh. sekedar saran sih

iya makasih kaaa ahmad baru ngerti, semoga semakin handal kaya kaka kaka ini makasih banyak ilmu nya ka
oh iya ini hasil jepretan yang bagus nya ka hhehehe
setelah saya belajar 4 tahun alhamdulillah sudah lumayan bagus Emoticons

Spoiler for :



Quote:Original Posted By sphynxart
Quote:Original Posted By silentclone
Maaf ngak hobby gambar
Cuma seneng aja ama foto asli sketsa wajah cewek cantik Emoticon

kenapa gasuka ka? seru looh hehehe
ini hasil saya yang paling keren buat kaka deh saya tunjukin hehehe prosesnya 11 hari hehehe



Quote:Original Posted By sphynxart
Quote:Original Posted By CroozyFix
coba dong gan aplod hasil maksimalnya yg udah jadi
kan itu baru sketsa yaa, pake pensil HB
hasil setelah pake semua jenis pensil dong gan Emoticons

Spoiler for ini kaka hasilnyaaaa :):

Quote:Original Posted By sphynxart
Quote:Original Posted By gateltegal
mirip raisa gan, 2KWKWKWKWKWKWK Emoticon

raisa versi jarak jauuh kaka hehehe ada nih yang pevita niih

Spoiler for spoiler:

Quote:Original Posted By sphynxart
Quote:Original Posted By beavismanace
Gan, kasih juga contoh gambar ente yg top dong, biar kita2 semangat belajarnya

Spoiler for yang menurut ane bagus hhehehe:

Spoiler for tips dan saran untuk kaskuser:
Quote:Original Posted By blackmoralizm
gmana supaya bisa keliatan relistik ? ane paling gak bisa buat hidung terutama ..

Quote:Original Posted By sphynxart
untuk yang saya pelajarin gamar hidung itu memang agak sulit ka tergantung si wajah menghadap kemana,, sebelum lanjut ke pembuatan hidung alangkah baiknya kaka menghafal setiap tengokan arah wajah saat posisi wajah agak kekanan letak hidung dimana,, dan tengokan laiinya,, setelah kaka bisa menghafal otomatis kaka bisa membayangkan letak hidung tepatnya berada dimana,,,

Quote:Original Posted By 3vergreen
kunci nya sabar gan. kalo mau belajar, coba mulai mencontoh sketch yang sudah jadi dulu saja ( resketch ) soalnya sudah bisa kira kira garis muka nya.

trus coba di develop latian ke posisi angle yang lain idung nya.

point special buat idung, jangan bikin garis terlalu tebel karna nanti kesannya idungnya ga presisi / kegedean, tipis saja dan di sokong shadding yang tepat.

CMIIWW

Quote:Original Posted By Uesugikenshin
TS mungkin punya tips buat ngegambar mata? ane dari dulu kagak bisa gambar mata yg 'hidup".
kalo ane gambar mata suka cenderung horror/lifeless kyk org mati gitu...Emoticons

Quote:Original Posted By sphynxart
Spoiler for mata:

tipsnya sii jangan takut buat banyakin garis arsir ditepiaan kakak hhehehe , garis tepi atas dan samping agak tebal dan garis bawah lebih tipis kaloooo yg saya buat ini kaka mata perempuaan hehehe

Quote:Original Posted By 3vergreen
Nah ini masalah yang biasa muncul di awal blajar, tetep coba gan, cari tutor tutor online nya gan.. semakin sering gambar semakin bagus hasilnya.

ni salah satu contoh nya ni


Spoiler for sharing dari para master:
Quote:Original Posted By 3vergreen
terima kasih gan, masih jauh gan dari para master yang lebih hebat.

masukan dari saya sketch ini bisa di golongkan 2 kategori umumnya, anime dan realistik.

keduanya amat sangat berbeda, karna mimik wajah dari karakter anime lebih mudah terlihat hidup di bandingkan realistik.

jadi untuk yang pengen coba realistik, mula latian per part dulu, mata , hidung, dan mulut dalam berbagai posisi dan bentuk.

kalo udah lancar, umumnya tiinggal menyesuaikan bentuk bentuk sesuai face yang ingin di gambar.

kemudian baru belajar shading nya kaka.. modal nya jari. saya shadding saya gosok pake jari.. hahahaha

Quote:Original Posted By emilyautumn
intinya basicnya dari gambar kaya gini dulu

Spoiler for a:

kalo itu udah rapih, nah bentuk wajah kaya dagu, mata alis hidung DSB modalnya cuma dari pengamatan aja, kalo dirasa masih belom mirip ya terus latihan lg, lebih bagus kalo ada yg ngasih kritik atau masukan, jadi kita tau letak benar salahnya dimana Emoticons

Quote:Original Posted By pbocil
oh ente dari bentuk wajahnya dulu ya??
kalo ane dari mata, hidung mulut rus.baru deh bentuk muka Emoticons
dulu diajarinnya gitu si sama guru ane hehe
paling susah menurut ane gambar bagian gigi. bisa jadi tonggos soalnya Emoticons
bagian rambut juga masih belum bisa mainin gelap terangnya.

kalo ane masih amatir baru mulai sketch kelas 3 SMA itupun karna ada pelajaran seni rupa Emoticons:
tapi alhamdulilah sih hasilnya untuk seorang amatir. meski kata temen, ane punya bakat seni gambar Emoticons

sampe sekarang kalo lagi mood nyoba nyeket tanpa garis bantu dan kalo kertasnya A5. kalo kertasnya A4 ya pake garis bantu.
ane lebih suka berkutat dengan sketch daripada mewarnai.
asli ane mutung dulu pas lukis di SMA. lukisan ane ga selese. untung gurunya baik hati jadi nilai ane ga jeblok Emoticons

dan skill amatir ane ini ane buat untuk tambah penghasilan (ane kuliah baru smstr 2. bukan di jurusan seni) mayan buat nabung sama tambah uang jajan Emoticons

sketch paling gila ane kemarin pas ospek jurusan. 1 x 1,5 m bung hatta. sketch kilat buat dari jam 4 sore sampe jam 11 malem. karna besoknya dikumpulin Emoticons

Quote:Original Posted By qcay12
Mantap ada thread gambar gambar,ane sharing dikit deh, kebetulan ane anak jurusan desain komunikasi visual, disemester 2 yang lalu ane sempet belajar gambar anatomi tubuh di matakuliah gambar 2, so ane bagi bagi sedikit materi kuliah ane selama di mata kuliah gambar 2, khususnya anatomi wajah ya, soalnya emang wajah yang paling sedikit rumit kebetulan threadnya juga bahas gambar wajah Emoticons
sekalian biar yang pada pengen belajar bisa belajar lebih lagi, semoga bisa membantu

sedot gan
media api

preview file gan


sekian gan Emoticons

Quote:Original Posted By elmashamaya


Emoticons

Spoiler for kumpulan karya kaskuser:
Quote:Original Posted By emilyautumn
iya betul, memang seperti itu, itu ga cuma berlaku untuk wajah manusia, wajah

anime (kartun kartun Jepang) pun juga seperti itu.

kadang orang ngga tau kalo menggambar itu ada step by stepnya, karena hasil gambar itu ya udah langsung jadi tanpa dikasih

tau juga proses pembuatannya, jadi orang taunya kalo bikin gambar ya bikin langsung harus jadi tanpa ada step by stepnya Emoticons

BTW gambar ane juga ga bagus bagus amat walaupun udah 5 taun belajar di salah 1 perguruan seni :')

Spoiler for :



Quote:Original Posted By 3vergreen


test upload hasil corat coret Emoticons Emoticon

share dikit coretan anime ahh...

Spoiler for anime:






Quote:Original Posted By 3vergreen
ane juga blajar sketsa otodidak gan.. cuma masih kurang ahli kalo ga ada contoh

nya, jadi paling tidak ada foto orang nya, ato sketch sebelumnya ( resketch ).

point critical nya ada di bagian mata si kalo menurut ane.. kalo mata nya ga realistik, ga kliatan hidup ato pandangan kosong

gitu.. CMIIWW
ane latian bikin mata dalam beberapa view angle sampe abis pensil nya..

kalo ini salah satu hasil gambar anime ane..



mohon cercaannya buat semakin membangun kemampuan Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By irwanshohibi

Quote:Original Posted By irvanpanjul
Kuncinya sabar sama terus berusaha gan.
Hasil belajar 3minggu.


Quote:Original Posted By obeTampan
thanks gan tutor nya
hasil ikutin tutorial ente neh gan..

Spoiler for hasil:

ada lagi gak gan tutorialnya..
taro pekwan gan..hehe

Quote:Original Posted By ais91

Quote:Original Posted By irwanshohibi


ohh. jkt, cewe, 21 thn.
kuliah?
itu objeknya kamu sendiri?
tinggal dipoles dikit jadi bagus tuh

hasil temen ane.

Quote:Original Posted By loevydaarc
salah satu karya ane gan,,,, heheheheehe


Quote:Original Posted By DeyBroadcast
KNewbie ikutan mejeng donk kaka Emoticons
Hasil krya ane jaman masih doyan sketching ni

Ada yg tau artis ini? 😍😍😍


Quote:Original Posted By rh091
Pacar ane nih Emoticons
Ane juga ada beberapa sketch doi, tapi malu ah mau nge share, ga mirip soalnya Emoticons


Masih berupa Wip Emoticon

Quote:Original Posted By armando0t1t
Ane masih nubi bray Emoticons

Gambar na

nongol gak yah

Quote:Original Posted By armando0t1t
Itu pola buat tatto bray, ente demen cucing yah, nih ada oret oretan ane dikit


Quote:Original Posted By rh091
Ikut share ah karya ane, masih belum jadi tapi Emoticons
Cuma karena ngga ada kerjaan di kampus, itupun cuma pake pensil mekanik Hb Emoticons




Quote:Original Posted By rh091
Share lagi ah , belum jadi sih, masih males mau finishingnya Emoticon



Beberapa hari ini malah doyan quick sket anime gan, lebih gampang dan cepat soalnya Emoticons



Quote:Original Posted By c.volkova
tiap hari ane sketsa wajah bray ..

ane suka sama ngelukis

tapi masih amatir Emoticons

baca Pm ane dong bray Emoticons

ngeliyat gambar nya keren keren bgt bray Emoticon

ane sketcher ecek ecek bray Emoticon

ane kalo sketsa begini ada nya bray Emoticons







alat :
HB , 2b , 4b , 6b , 8b ..
mec pen 0,5 ..
apusan ..
tissu ..

belom bisa realistis Emoticons

sorry kalo gambar nya miring miring bray

lagi OL di HP bray

pejuwan dong bray Emoticons

Quote:Original Posted By jeberjj

tks sharing nya gan, nih numpang mejeng sketsa gambar gue

Quote:Original Posted By didot8080
waah.. manteb tutornya om.. ni sket ane dah mo jd.. maju terus perupa indonesia

Emoticons

Spoiler for sketch:

Quote:Original Posted By siiberuuang

ane juga suka gambar gan, karya ane nii, ane udah pake digital gan, pake photoshop sama pen tablet.

Quote:Original Posted By achtaufiq
masih

bisa yg kyk gini aja gan, buat warna BW masih belum bisa, tutorial dong gan buat wajah yg kyk miring2 gt, kyk dipage 2 yg pake kerudung.

Quote:Original Posted By grmelulu
Ane masih belajar nih sist Emoticons [img]

http://s.kaskus.id/images/2016/01/08...0108031031.jpg[/img]
Minta kripik&sarannya para suhu Emoticons

Quote:Original Posted By sphynxart
saya bukan suhu kakak, tapi boleh saya memberi sedikit saran hehehehe

untuk tahap awal kakak udh hebat loh buat seperti ini, kalau untuk yang lebih mirip keasliannya tinggal tambah lekukan

bayangan atau banyak arsiran saja menurut sayaaa

tetapiiiii sudah keren koook kaaak hheheheEmoticon

Quote:Original Posted By grmelulu
Iya sist, ane masih belom bisa shadingnya Emoticons
Next share tutor shadingnya juga dong Emoticons
Spoiler for gambar versi realisnya:

Shadingnya parah Emoticon

Quote:Original Posted By R3dB4ron
kalau dilihat dari karyanya TS, sepertinya sudah tidak menggunakan gari bantu lagi

nih kayaknya, realistis pula Emoticon
dari yang sudah saya coba, kesulitannya memang yang seperti TS katakan, di ekspresi wajahnya, sama itu satu lagi, faktor

kebiasaan. kalau tangan tidak terbiasa menorehkan garis, akan terasa sulit awalnya.

masih tahap belajar gan, masih sering redraw dari character anime, masih kesulitan menggambarkan character sendiri sama

gradasi warna untuk rambut dan shadingnya, saya lebih sukanya ke female realistic manga, pernah nyoba gambar wajah orang

asli, walaupun ekspresinya datar aja kayak foto KTP tapi masih ancur di garis sketch awalnya Emoticon

Spoiler for :



Quote:Original Posted By gagap27
kalo ane gak begitu demen gambar terlalu realis soalnya pernah akhirnya hilang

karakter ane hehe ya akhirnya cman sketch trus jadiin dah vector
[img]

http://s.kaskus.id/images/2016/01/08...0722360342.png[/img]

Quote:Original Posted By mopid
Ini karya terakhir saya yg msh dikerjakan, tp nyontek Emoticons
Spoiler for pic:


Kalo ane jrg pake garis gan, cuma kondisional aja, kalo dirasa wajahnya susah buat digambar

Quote:Original Posted By hentazakharia




apa daya hanya bisa begini Emoticon

Quote:Original Posted By 4layerz
coretan

ane 2 tahun yg lalu gan, harap maklum gan otodidak soalnya. Pernah belajar teori kek gitu pas SMP Emoticons

Quote:Original Posted By diky37
kebetulan ane ada bakat gambar dari SD
nih gan hasil sketsa ane tanpa cara garis tengah dan bulatan kepala, jangan di bully ya gan Emoticons Emoticons

Spoiler for sketsa ane:

Quote:Original Posted By gilbertagung
Ane gak bisa bikin gambar realis gan. Jatuhnya ke kartun. Seperti gambar ini.

Quote:Original Posted By dewajashin


Ada yg tau siapa yg ane gambar?

Quote:Original Posted By nadidj

Quote:Original Posted By nadidj
ini

pake watercolour maaf kalau tak sempurna

Quote:Original Posted By wewtaufiq
Keren gan btw ane mau share karya ane juga lah

Quote:Original Posted By kathyjie

modal HB dan 2B nih gan.. gimana? Emoticon

Quote:Original Posted By gin7


mirip Emoticon

Quote:Original Posted By sambel.kacang
ane juga ikut share gambar
belajar juga otodidak gan, malah ga pakai garis bantu, cuma pake feeling Emoticons
Spoiler for :

kasih masukan dong gan, biar jago kyk agan-agan disini Emoticons

Quote:Original Posted By adjie214

Quote:Original Posted By brianyusti
ini hasil karya ane gan msih jlek ,maklum bru belajar hehe .minta koreksinya




Spoiler for sedikit cerita dari kaskuser:
Quote:Original Posted By tirtomili
dulu sekitar 93 atau 94 pernah diajak belajar sketsa sama yg jagonya sketsa tapi ane tolak karena mang ga bakat bikin begituan.... yang heran mereka sketsa pake pulpen n hasil keren bgt....



kebetulan ane dapet nih fotonya .... orangnya yang tua itu nama nya kalo gak salah Pak ipe ga tau masih ada ape dah wafat bis dah lama bgt ane dikenalin sama temen pas maen ke JL. Surabaya tempat dia biasa nongkrong.....

Quote:Original Posted By sphynxart
kenapa ga diambil kak? satu banding 1000 org loh ituuuu kaa, sayang banget ,,, coba kaka belajar pas waktu itu
sayangin bangeet Emoticons

Quote:Original Posted By jfk
Ah sayang banget...Emoticons itu Ipe Ma'aruf maestro dan legenda dunia lukis sketsa Indonesia.... Udah almarhum dan kalo ga salah ada galeri ato museum seninya...

Quote:Original Posted By tirtomili
dipikir2 mang sayang sih tapi mo gimana lagi ane bener2 ga minat di dunia gambar menggambar......

wah dah wafat yah Emoticons ane baru tau semoga arwah beliau mendapat tempat terbaik disisiNYA

dulu ane sempet ikut nemenin temen ane belajar sketsa dirumahnya di Perumnas klender kalo gak salah..... trus pernah juga ikut nemenin ke parung rame2 nyari pemandangan buat di sketsa......

orangnya baik ga pelit ilmu dan kalo ngajarin semangat gitu jadi yang diajarin juga semangat....

Quote:Original Posted By sphynxart
pengalaman yang hebat yah kaaa jadi iriiiiii Emoticons

Quote:Original Posted By tirtomili
yah begitulah.......

mungkin bagi orang yang mendalami seni lukis khusunya sketsa pak Ipe maestro di bidangnya tapi karena ane ga tertarik saat itu yah biasa2 aja malah edikit membosankan cuma karena temen ane yang maksa minta ditemenin mulu yah dibuat enak aja lah.....

o ya ada cerita menrik setelah beberapa saat temen ane udah banyak sketsa nya dia diajak buat pameran sama pak ipe yah dari sekian banyak yang temen ane buat beberapa di ikutin dalam pameran sederhana itu nah salah satu sketsa temen ane kebetulan ada satu yg ane jadi modelnya nah salah satu sketsa itu ada yang laku dibeli yah itu yg ane jadi modelnya yang pasti temen ane seneng banget bahkan boleh dibilang seneng luar biasa maklum lah doi kan bukan pelukis terkenal baru belajar pula kebetulan yg ikut pameran ada beberapa pelukis senior dan sebenernya ane ga tau kalo sketsa itu udah laku ane diceriatain pas beberapa minggu kemudian pas ane niat mo minta sketsa itu buat kenang2ngan....Emoticons Emoticons

sayang jaman itu blomada HP kamera apalagi smartphone yang bisa mengambil kenangan masa2 itu....Emoticons

Quote:SENI ITU TIDAK ADA YANG SALAH, YANG SALAH ITU ORANG YANG TIDAK MAU BERSENI !!! JANGAN PERNAH RAGU UNTUK MEMULAI DAN TETAP OPTIMIS !!!
Belajar Ilmu Dasar dan Tutorial Teknik Menggambar Sketsa Wajah Manusia
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/568dc9cd1854f73d5b8b4567/mau-berbagi-ilmu-teknik-menggambar-sketsa-wajah-nih-gan Category:
Tips Trick
ReveneuHits