Thumbs up [FAKTA] Laki Bisa Berhenti Merokok Itu Fighter Hebat, Kuat dan Mantab!!

Tags: Knowledge - Medicine - Lifestyle - Health - Activity - Controversy - Inspiring
kratingdieng
UserID: 5289377

Quote:
Bismillahirrahmanirrahim
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang



Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. TS adalah mantan perokok dengan lingkungan keluarga perokok. Bapak dan om ane meninggal terkena serangan jantung, habis uang banyak untuk berobat. TS pernah opname, kamar sebelah ada yang kena kanker paru kronis, kondisinya ngenes!


Quote:
LUANGKAN WAKTU, BACA DENGAN SEKSAMA DAN RENUNGKAN



Quote:
MEROKOK ADALAH BERINVESTASI PENYAKIT MASA DEPAN

Contoh nyata yang terlambat berhenti merokok pada usia muda


Quote:Original Posted By kodokuper
Ane dah 5 bulan berenti merokok, setelah ane kena stroke di usia 24 tahun. Sekarang ane buta sebagian (mata kiri) dan pélo/menyor. Ane dulu perokok selama 6 thn sejak kuliah. Serasa hancur masa depan ane! Emang penyesalan slalu datang belakangan.

Quote:Original Posted By ayanggayong
Ane habis operasi gan awal juni lalu. Ane kena gangguan reproduksi. Kata dokter spesialis urologi yg ane datangi, penyakit ini akibat kebiasaan ngerokok. Ane baru sadar gan, dampaknya sangat dahsyat bagi kehidupan kita selanjutnya. Tolong do'akan agar kami segera punya keturunan.

Quote:Original Posted By 05072013
gua mantan perokok aktif selama 18 thn. Anak gua cewek Safira hanya bisa genap usianya 1 tahun 10 hari, wafat di vonis radang paru-paru akut (pneumonia) krn ayahnya ngerokok. bukan ngerokok di sebelah anaknya, tetapi menghirup racun nikotin dr baju ayahnya.

Quote:Original Posted By mekongus
Sudah 1 tahun 1 bulan ane berhenti merokok sejak terkena serangan jantung!

Quote:Original Posted By Rongitzz
Baru 2 minggu berhenti merokok, sejak kena tumor paru dan pneumonia. Kerjaan ilang, masa depan terancam! Umur masih 24 thn! Sumpah ini penyesalan yg paling kusesali! Tiap hari di rumah aja, harus berenti total dr aktivitas! Siapa mau nyusul? Lanjut aja merokoknya!

Spoiler for CT Scan &Rongsen:


Quote:Original Posted By appenzeler
karyawan ane berhenti merokok gara2 paru2nya bolong.. umur baru 27-an tahun

Mereka sebelumnya pernah menerima nasehat, namun disepelekan,
akhirnya menyesal! Merasa masih sehat, ternyata berpenyakit kronis!




Quote:
JIKA AGAN MENUNDA BERHENTI MEROKOK, ITU ARTINYA SEMAKIN MENDEKATKAN DIRI DENGAN MASALAH BESAR DAN PENYESALAN!
KALAU TERKENA SAKIT KRONIS DI USIA MUDA MASA DEPAN BISA HANCUR, KENA DI USIA PARUH BAYA MENYUSAHKAN ANAK ISTRI!


Bisakah agan bayangkan jika hal itu terjadi pada diri agan diusia muda? Sekarang ini banyak perokok di usia muda terserang penyakit berbahaya hingga kronis seperti serangan jantung atau kanker paru-paru. Salah satu penyebabnya adalah generasi muda saat ini lebih dini mengkonsumsi rokok, usia SD saja sudah banyak yang merokok. Sedangkan pecandu rokok yang satu generasi dengan orang tua kita kebanyakan mulai merokok memasuki usia dewasa dan mulai terkena penyakit terkait rokok di usia 40 tahunan ke atas.
Terlebih lagi generasi sekarang ini lebih lemah akibat bahan pengawet, MSG, racun pestisida, polusi, dll.




Ketika daya tahan tubuh agan lemah, agan bisa terkena penyakit berbahaya diusia muda. Bagi yang daya tahan tubuhnya lebih baik, mungkin sekarang belum terlalu terasa tabungan penyakitnya, dan bisa jadi hasil dari agan menabung penyakit dengan merokok mungkin bakal terasa 10 - 20 tahunan lagi. Jika sekarang ini agan sudah mengalami mudah ngos-ngosan, mau tidur malam atau bangun tidur dada terasa sesak, terasa susah ambil nafas, bisa jadi itu pertanda sudah dimulainya kerusakan organ tubuh agan.

Quote: Biaya diagnosa kanker paru sekitar Rp. 10-15 juta. Biaya kemoterapi minimal setara harga Avanza. Biaya operasi dan pengobatan ratusan juta, apalagi kalau parah opsi transplantasi biaya milyaran!



Quote:
SEMUA BISA BERHENTI MEROKOK, SELAMA PUNYA NIAT 100%



Quote:Original Posted By jamrong
Berkat baca Thread ini ane berhenti ngerokok dah ampir 6 bulan.alhamdulillah anak & istri ane selamat dari racun Rokok yg tiap hari ane isap dulu

Quote:Original Posted By EkadayaNET
Tepat tanggal 10 agustus kemarin saya sdh 3bln berhenti merokok, dan saya rasakan nikmatnya hidup tanpa rokok yang selama ini tidak pernah saya rasakan, tidak ada kata tidak bisa atau susah untuk bisa berhenti merokok, asalkan ada kemauan yang kuat dari dalam diri kita pasti bisa, ingat hidup kita sehat itu mahal gan.

Quote:Original Posted By alabesabesu
Sampe sekarang ya kira2 sdh berhenti 7 bulan setelah mutusin berjuang berhenti merokok

Quote:Original Posted By deadbysambel
Ane udah berhenti rokok dari 1/2/2014, emg udh niat kpengen brenti stelah liat bokap sengsara kena jantung gara2 rokok!

Di atas adalah contoh nyata sebagian kaskuser yang bisa berhenti bermodal niat 100%


Quote:
Point 1: Alasan dari kebanyakan orang merokok

Jaman ane dulu, umumnya remaja mulai berani merokok pada usia SMA, itupun sambil sembunyi-sembunyi. TS sendiri mulai merokok ketika SMA, sempat berhenti lalu kuliah merokok lagi. Seperti alasan kebanyakan remaja yang masuk usia puber, merokok itu tak lain dan tak bukan sekedar sugesti secara psikologi ingin dianggap keren dan jantan. Sedangkan menolak merokok diteriakin banci, bullying gan!


Contoh efek psikologi lelaki jantan pemberani yang ditawarkan iklan rokok

Nah berawal dari ngerokok niatnya sebagai tuntutan pergaulangan, terus secara psikologis pengen dianggap keren, laki, macho dan jantan.. akhirnya kebablasan jadi kebiasaan dan akhirnya ya berujung pada kecanduan rokok! Karena memang rokok punya kandungan-kandungan zat adiktif yang bersifat mencandu, seperti halnya yang terdapat pada narkoba. Jika tidak segera berhenti merokok, umumnya keterusan sampai tua. Anak cucu pun bisa menirukan, merupakan contoh yang buruk bagi keluarga!



Rokok dan narkoba sama-sama merusak, meracuni dan mendzolimi tubuh agan. Perbandingan keduanya seperti kecepatan motor 250 cc dengan 125 cc, namun keduanya sampai ke finish yang sama: kehancuran!


Quote:
Point 2: Merokok adalah sebuah kesalahan mainstream

Sebelum merokok, mayoritas perokok mengetaui akan bahaya rokok. Namun menyedihkan, tak sekedar orang dewasa, anak SD pun banyak yang merokok. Data dari Tobacco Control Support Center di Indonesia jumlah kematian rata-rata yang diakibatkan oleh rokok adalah 1.174 jiwa/hari atau 429.948 jiwa/tahun.

Quote:
Perokok tangguh, jantan dan pemberani itu hanya di iklan



Quote: Ketika agan sudah kecanduan sama rokok, semakin lama stamina tubuh agan akan berkurang, karena racun-racun dalam kandungan rokok terus menggerogoti tubuh agan. Salah satu buktinya adalah dari hasil sekian banyak pembedahan medis terhadap tubuh perokok dan non-perokok hasilnya sangat nyata. Para pecandu rokok selalu ngos-ngosan setiap lari atau kerja berat, Inikah tangguh?
Quote: Residu asap rokok akan mengendap menjadi timbunan plak di saluran darah, menyebabkan tidak lancarnya aliran darah, dapat menjadikan perokok pria impoten yang loyo, gak bisa ereksi dan ejakulasi dini.. apakah bisa dianggap macho dan jantan? Para istri yang suaminya impoten tersiksa secara psikologi dan pura-pura puas agar suami tidak minder. Mereka pun secara biologis tidak bisa merasakan kepuasan berhubungan suami istri. Kasian dan sayang istri gan? Berhentilah merokok!

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda:
“Orang yang imannya paling sempurna diantara kaum mukminin adalah orang
yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya”
.
(HR. Imam At-Thirmidzi no 1162, Ibnu Majah no 1987. Shahih)

Quote: Rokok temen TS iklannya tema extreme adventure, pas doi diajak naik motor trail menapaki lembah gunung yang terjal dan ekstrem, keringatnya bercucuran sambil terus dzikir (padahal kagak shalat).


Quote:
Merokok terlihat keren itu hanyalah psikologi masa puber



Remaja yang sedang puber sangat mudah dan rentan dengan berbagai pengaruh, termasuk pengaruh dari pergaulan hingga pengaruh iklan. Melihat orang dewasa merokok kadang memunculkan persepsi bahwa itu keren. Padahal keren atau tidaknya agan itu bukan karena merokok, tapi karena penampilan, tingkah laku dan aspek lainnya. Seorang yang naik Ducati Monster Evo dengan jaket kulit akan terlihat keren ketika merokok. Bandingkan ketika agan melihat seorang yang naik sepeda onthel butut, lalu menghisap rokok yang sama dengan yang dihisap pengendara Ducati Monster, ga bakalan terlihat keren!


Quote:
Merokok bikin orang terkesan intelek itu hanya di iklan



Iklan rokok kerap menampilkan karakter-karakter model iklan yang smart atau cerdas bahkan jenius. Iklan tipe soft sell seperti ini mencoba mempersuasif audiensnya untuk merasa seperti karakter dalam iklan yang ada, berpikiran cerdas, jenius ataupun yang semisalnya. Sehingga di bawah alam sadar mereka akan muncul mindset bahwa rokok yang diiklankan tersebut adalah rokoknya orang-orang yang cerdas, atau jenius atau berintelektual tinggi. Ngehabisin rokok segudang pun, tidak akan menyulap kita jadi smart.


Luangkan waktu untuk 2 menit penuh makna


Quote:
Rokok mematikan nurani, memunculkan sikap egois dan irasional




Quote: Tetangga TS pria paruh baya pencandu rokok. Perbulannya mengeluarkan lebih dari Rp. 200.000 untuk rokok. Namun TS sedih ketika melihat kondisi anaknya yang masih sekolah, yaitu ane melihat sepatu dan tas sekolah yang robek dan bolong-bolong. Candu dari rokok membunuh kasih sayang perhatian bapak terhadap anaknya. Uang lebih dari Rp. 200.000 bisa untuk membeli sepatu, dll.
Quote: Contoh kedua. Dulu jaman masih SMP, Ketahuan merokok minimal masuk ruang BK dan orang tua dipanggil ke sekolah. Selang berlalu, 10 tahun kemudian ane nganterin adik ane ke sekolah yang sama. Dan sungguh terkejutnya ane, para generasi penerus guru Oemar Bakrie dengan santainya merokok di area sekolah. Padahal para guru dibayar negara untuk menjadi tauladan yang baik.
Quote: Contoh ketiga. Setiap ada wacana kenaikan BBM atau elpiji akibat naiknya harga minyak dunia, selalu terjadi demo besar-besaran yang acap kali berujung anarkis. Tapi pernahkan agan dan sista temukan demo para perokok setiap kali ada kenaikan harga rokok? Jawabannya adalah tidak pernah!
Quote: Contoh keempat. Seperti peribahasa "gajah di pelupuk mata tak tampak semut diseberang lautan tampak", sebagai pembelaan diri para perokok berdalih kasihan dengan pelaku industri rokok (yang notabene semakin kaya dan kaya). Celakanya, terbutakan pengaruh candu yang ada, para perokok tidak kasihan pada diri mereka sendiri dan keluarganya beresiko terkena kanker paru, stroke, dll.
Quote: Para pecandu rokok sering menjadi orang yang egois dan tidak punya tenggang rasa terhadap orang disekitarnya. Contoh mudahnya seperti merokok di area publik tanpa peduli ada non-perokok di sekitarnya yang terganggu, semisal di angkutan umum, di rumah makan, dll. Bahkan sering sekali TS melihat di rumah sakit pengunjung tanpa malu merokok. Ini realita hilangnya adab dan norma!


Quote:
Tanpa rokok gak bisa mikir hanyalah sugesti kecanduan



Salah satu pembelaan terakhir dari pecandu rokok adalah berpendapat bahwa tanpa rokok mereka tidak bisa mikir dengan bener, gak bisa konsentrasi, dll. Kenyataannya sebaliknya, candu rokok malah membuat perokok jadi mikir gak bener, contohnya: siap menantang bahaya sakit keras bertahun-tahun sampai mati daripada gak merokok, padahal punya tanggung jawab anak dan istri. TS mantan perokok, berhenti rokok malah meningkatkan kualitas. Banyak solusi untuk dapat rileks tanpa harus mengkufuri nikmat sehat!



Quote:
Point 3: Salah Kaprah Perokok Memahami Tentang Kematian

Pada umumnya, teman-teman yang ane ajak untuk berhenti merokok dapat memahami detail dampak-dampak negatif sebagaimana yang sebagian ane tulis pada poin 2 di atas. Namun terkadang susahnya menyadarkan seorang yang dalam kondisi kecanduan rokok adalah mereka terus mencari pembenaran-pembenaran yang terkadang memakai alasan-alasan yang irasional dan bahkan konyol jika dinalar akal sehat yang kadang jadi debat kusir. Nah 'jurus pamungkas' yang sering ane dengar sebagai alasan atau pembelaan paling akhir adalah ucapan: "Kambing aja kagak ngerokok mati! Manusia ngerokok atau gak ngerokok kalau waktunya mati ya mati!" Jika sudah masuk sesi tema perkambingan mode total defense, musti sabar menjelaskannya, terlebih lagi kepada yang merasa lebih tua dan gengsi menerima nasehat.






Bismillah. Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam: “Allah telah menulis takdir-takdir seluruh makhluk (pada kitab lauh mahfudz) 50.000 tahun sebelum menciptakan langit dan bumi.” [HR. Al-Imam Muslim dari shahabat Abdullah ibn Amr ibn Al-Ash radhiyallahu 'anhu]. Kematian itu fixed gan, tidak dapat dimajukan atau dimundurkan seharipun. Hanya Allah Ta'ala yang mengetahui kapan tibanya ajal kita. Wallahu a'lam bishawab. pertanyaannya, bagaimana agan menjalani hidup hingga kematian tiba?

Quote: Rokok tidak mempercepat kematian, namun bisa menjadikan sisa waktu hidup pecandu rokok penuh penderitaan fisik dan juga batin hingga kematiannya tiba
Semisal seorang yang bernama Bambang telah Allah tuliskan takdirnya di dalam kitab Lauh Mahfudz bahwasanya kematiannya adalah pada usia 60 tahun, ingat ini adalah hanya sebuah permisalan. Namun diusia remaja Bambang menghabiskan hidupnya dengan perbuatan-perbuatan yang merusak tubuhnya yang mana telah Allah karuniakan kondisi yang sehat. Bambang tak pernah lepas dari yang namanya rokok, kesehariannya tak pernah lepas dari menghisap rokok. Nah akibat dia merusak tubuhnya dengan zat-zat mudharat dalam rokok, akhirnya tubuh Bambang mulai sakit-sakitan diusia 40-an tahun.

Diusia 45 tahun dokter memvonis Bambang terkena kanker paru-paru akibat kebiasaanya merokok, yang memaksanya berhenti bekerja. Lalu diusia 50 tahun Bambang terkena stroke. Dua penyakit tersebut menguras habis harta bendanya. Awalnya motor yang dijual, kemudian mobil, kemudian rumah ketika penyakitnya menjadi komplikasi. Karena kondisinya Bambang yang hanya tergeletak sakit, akhirnya istrinya lah yang jadi tulang punggung keluarga. Harta terkuras untuk berobat. Hidup keluarganya berantakan.



Bambang depresi berat, tak kuat melihat keluarganya ikut menderita karenanya. Tak kuat dengan semuanya itu, Bambang pun berpikir untuk bunuh diri saja agar tidak terus membebani keluarga. Apalah daya, Allah telah menakdirkan usianya meninggal pada usia 60 tahun. Beberapa kali dia mencoba bunuh diri, namun selalu gagal, karena memang belum waktunya dia meninggal. Hingga akhirnya di usia 60 tahun dia menghembuskan nafas terakhir. Bayangkan akibat mengkufuri nikmat dari Allah, selama 20 tahun di akhir sisa hidupnya ia merasakan penderitaan, termasuk keluarganya ikut menderita. Apa yang dia tanam diusia muda berupa mudharat, akhirnya dia tuai diusia tua berupa pahitnya penderitaan.

Quote: Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
"Barangsiapa yang beramal kebaikan walau seberat biji dzaroh pun niscaya
dia akan melihat balasannya, dan barangsiapa yang mengerjakan keburukan seberat dzaroh pun, niscaya dia akan melihat balasannya pula”

(QS. Al-Zalzalah: 7-8)

Teman dan tetangga Bambang yang namanya Joko, juga meninggal diusia 60 tahun. Namun dia menyadari akan nikmat karunia dari Allah berupa tubuh yang sehat, maka dia berusaha menjaganya dengan baik. Joko ikhtiar dalam bentuk olah raga rutin dan menjauhi rokok apalagi bahaya miras. Dan Allah Ta'ala telah berjanji akan menambahkan nikmat bagi mereka yang pandai bersyukur. Sama-sama meninggal di usia 60 tahun, namun Joko meninggal dalam kondisi sehat dan mewariskan banyak manfaat dan kebaikan. Indah!

Quote:
SEMUA PASTI MATI, TAPI HIDUP SEHAT ADALAH PILIHAN



Saat penyesalan hanya tinggal penyesalan



Quote:
Poin 4: Salah Kaprah Pembelaan Bersifat Subjektif

Segelintir orang melakukan pembelaan terhadap kebiasaan merokok secara subjektif , bukan secara keumuman. Semisal alibi "kakek ane perokok, umurnya udah 70 tahun tapi baik-baik aja" sebagai pembenaran untuk merokok. Prosentase perokok 'beruntung' yang tidak berakhir pada masalah penyakit kronis seperti kakek di atas sangat-sangat kecil. Terkadang memang kita temui orang yang memiliki daya ketahanan tubuh yang lebih dari rata-rata, tapi jumlahnya minoritas. Jika rokok itu diibaratkan pukulan, mayoritas orang apabila tubuhnya dipukuli terus menerus, kebanyakan akan terkapar, bahkan mati.



Quote:
Point 5: Jangan mendzolimi diri sendiri dan orang lain

Rokok dengan berbagai kandungannya yang penuh mudharat, tak hanya akan 'meracuni' diri agan, namun juga dapat 'meracuni' dan mendzolimi orang-orang disekitar agan, termasuk orang-orang yang agan sayangi. Paparan asap rokok yang agan tiupkan akan mendzolimi orang di sekitar agan sebagai perokok pasif, bahkan termasuk racun-racun yang telah mengendap dan menempel di baju agan setelah habis merokok itu masih bisa meracuni orang-orang disekitar agan secara perlahan-lahan, apalagi resikonya bagi balita dan anak-anak. Mendzolimi diri sendiri saja kelak akan dimintai pertanggung jawaban, apalagi ditambah mendzolimi orang lain, betapa berat dan besarnya dosa yang harus ditanggung. Renungkan!

Quote: Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Tidak akan masuk surga, orang yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya.”
(HR. Bukhari 6016 dan Muslim 46).

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah dia mengganggu saudaranya.”
(HR. Bukhari 5185 dan Muslim 47).

Coba agan sekalian renungkan, apabila seseorang yang kerap mengganggu tetangganya saja Allah mengancam tidak akan masuk surga bagi pelakunya, nah bagaimana dengan perbuatan dari perokok. Tak hanya mengganggu tetangga dengan racun asap rokoknya (karena tentu bersosialisasi), namun juga mengganggu dan mendzolimi bahkan kepada keluarganya sendiri, 'meracuni' siapapun yang berada di sekitarnya. Pada November 2010 WHO melakukan studi di 192 negara yang menghasilkan estimasi bahwa lebih dari setengah juta perokok pasif meninggal setiap tahunnya. Sepertiganya adalah anak-anak.



Quote:Original Posted By 05072013
gua mantan perokok gan (perokok aktif selama 18 thn). Anak gua cewek Safira Aura Saskia Wardani hanya bisa genap usianya 1 tahun 10 hari, wafat di vonis radang paru-paru akut (pneumonia) krn ayahnya ngerokok. bukan ngerokok di sebelah anaknya (gua klo ngerokok pasti keluar rumah), tetapi menghirup racun nikotin dr baju ayahnya saat kondisi menggendongnya setelah barusan merokok.

Kasus penumonia pada Safira: Selengkapnya

Quote:Original Posted By eeya
Ayah ane yang perokok terkena kanker paru2. Ane ga tega gan ngeliat dia kesakitan, nafas sesak, dada selalu sakit, nelan susah dada sakit. Sakit bgt ane liat penderitaannya gan dan itu gara2 rokok. 1 thn kemudian ibu ane nyusul beliau, tepatnya nov kemaren, karena terkena TBC, dirawat 1 bln di RS, sakit2an 6 bln. sedihnya ane gan. Sadarlah teman, rokok membunuhmu dan org2 disekitarmu.

Quote:Original Posted By adiswasana
Foto di bawah ini pas bapak ane dirawat karena kanker paru-paru. Sekarang bapak ane sudah meninggal dunia.. bapak ane perokok berat! Dulu ane juga perokok berat, tapi Alhamdulillah berhenti.

Spoiler for Buka:


Di bawah ini adalah gambar cairan yang disedot dari paru-paru bapak ane.


Quote: Rokok terbukti secara nyata tak hanya meracuni dan menghancurkan hidup para perokok aktif, namun juga meracuni para perokok pasif yang menjadi korban sikap egois dan ketidak pedulian perokok aktif.

Spoiler for Buka:


Jika kita adalah orang yang bijak dan bersikap dewasa, sudah seharusnya pengalaman orang lain seperti yang ada di atas sebagai pelajaran berharga dan bukan bersikap egois.


Quote:
Point 6: Hargailah Pengorbanan dan Kasih Sayang Orang Tua

Dulu ketika TS bertekad bulat berhenti merokok, ane ngerasain yang namanya disindir, dicibir dan diolok-olok sama temen-temen. Tapi tekat ane sudah bulat, apalagi Ibu ane gak suka ane merokok dan ane juga pun juga berpikir: "Kalau ane terus merokok, trus ane jatuh sakit kena paru-paru atau jantung, teman-teman ane khan gak bakal tanggung jawab. Ane yang bakal ngerasain sakitnya, ane yang bakal nanggung biayanya, anak istri dan keluarga ane yang bakal susah, bukan mereka." Pikirkan keluargamu!

Dikandung 9 bulan, disusui 2 tahun, dirawat hingga dewasa, dijaga agar senantiasa sehat selalu. Dan rasa terima kasih kita adalah dengan cara mendzolimi tubuh kita?



Bagi ane seorang Muslim, berjuang berhenti merokok itu adalah sebuah jihad di jalan Allah Ta'ala. Sebagai lelaki ane merasa hebat dan bangga bisa berkorban untuk anak istri dan orang tua. Hidup sehat dan tak lagi boros demi rokok. Mereka bangga dan bahagia ane berhenti merokok. Dan yang terpenting adalah sebagai bentuk rasa syukur ane terhadap segala nikmat sehat karunia Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Menghabiskan jutaan rupiah dalam setahun untuk membeli rokok terasa ringan, namun misal untuk sekedar membelikan hadiah sederhana untuk orang tua banyak dari pecandu rokok yang tidak ingat.


Quote:
Point 7: Berbagai Motivasi Tambahan Untuk Berhenti Merokok

Agan akan menjadi panutan yang baik untuk anak, keluarga dan lingkungan
Kebanyakan para anak dan remaja yang merokok rata-rata disebabkan karena orang tuanya juga merokok. Dengan berhenti merokok akan memutus rantai kebodohan diperbudak rokok, melindungi keturunan agan dari mencontoh perilaku merokok dari orang tuanya serta jadi motivasi orang lain untuk juga berhenti.

Agan dapat hidup lebih sehat, begitu pula keluarga dan lingkungan agan
Lebih banyak hal positif yang dapat agan lakukan dalam kondisi tubuh yang sehat. Agan juga berhenti 'meracuni' keluarga dan orang-orang sekitar sebagai perokok pasif. Keluarga terjauh dari bahaya!

Agan berhenti melakukan perilaku mudharat dan juga mendulang dosa
Ketika agan berhenti merokok, agan berhenti mendulang dosa. Karena dengan merokok agan mendzolimi diri agan sendiri dan juga orang lain yang merupakan perilaku dosa yang kelak akan dihisab di akhirat.

Keuangan agan akan menjadi lebih baik dan agan lebih bijak menggunakannya
Agan dapat menabung lebih banyak untuk hal yang lebih bermanfaat, agan dapat menambah uang belanja untuk meningkatkan gizi keluarga, untuk membahagiakan keluarga, atau untuk bershodaqoh.




Quote:
TANPA MEROKOK, HIDUP DAN PRIBADI ANDA LEBIH MULIA
Jika masih merokok dengan dalih relaksasi, silahkan renungkan



Bagi yang masih merokok, silahkan agan pergi ke rumah sakit, lalu masuklah ke ruang-ruang perawatan penyakit kanker paru-paru, jantung, stroke, kanker laring, TBC hingga penyakit pneumonia. Tanyakan kepada para dokter atau mintalah data-data pihak rumah sakit tentang penyebabnya. Niscaya akan agan temukan banyak sekali data dan bukti nyata bagaimana rokok punya andil besar sebagai penyebabnya.



Apakah agan tetap bisa merasa rileks jika semisal karena agan terus menyia-nyiakan nikmat karunia tubuh yang sehat dari Allah 'Azza wa Jalla lalu agan diazab dihukum dengan penyakit yang kronis seperti kanker paru-paru, penyakit jantung atau sakit stroke? Apakah saat tubuh terkapar tergeletak tidak berdaya karena penyakit-penyakit kronis itu agan masih bisa merasa rileks? Perasaan anak dan istri agan hancur dan terpukul melihat agan terkapar tak berdaya. Dan apakah agan masih tetap bisa merasa rileks saat satu persatu harta agan habis semua dijual untuk membiayai penyakit kronis agan, penyakit yang akhirnya menjadi balasan atas egoisme agan mencandu rokok? Keluarga jadi terlantar, anak tidak bisa melanjutkan sekolah, dll. Masih agan bisa merasa rileks melihat hidup keluarga yang kacau berantakan


Quote:
MEROKOK TAK UBAHNYA SEPERTI BUNUH DIRI PERLAHAN



Banyak kita temui tindakan bunuh diri yang pelakunya menggunakan bahan kimia seperti cairan obat nyamuk dan potas. Pelakunya memilih bahan kimia tersebut dikarenakan menyadari akan kandungannya yang mematikan. Bagi kaum Muslimin, kita tahu bahwa bunuh diri itu hukumnya haram dan pelakunya dijamin dengan azab neraka. Ketika perokok sadar akan kandungan dan bahaya besar dari merokok, bahkan dibungkus dan iklan rokok tertera peringatan keras 'rokok membunuhmu', jika terus merokok akhirnya mati dalam kondisi sakit parah akibat rokok, dikhawatirkan Allah menggolongkannya sebagai manusia yang membunuh diri sendiri! Neraka adalah tempat bagi pelakunya. Naudzubillah min dzalik.


Quote:
JANGAN MAU HIDUPMU TERUS DIPERBUDAK ROKOK



Para romusha menjadi budak karena terpaksa, sedangkan perokok dengan sukarela menjadi budak kapitalis. Apakah agan punya mental seperti Spartacus, sosok budak Romawi yang memilih berjuang serta berani untuk bebas dari perbudakan? Beranikah agan berjuang untuk lepas dari menjadi budak rokok?

Quote:
PARA LELAKI SEJATI PASTI BISA BERHENTI MEROKOK

Karena mereka sadar akan kesalahan dan mau berbenah diri
Allah menyukai segala bentuk pertaubatan, termasuk tobat mendzolimi diri sendiri

Karena mereka adalah sosok pribadi yang bertanggung jawab
Bertanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga dan juga tentunya kepada Allah Ta'ala

Karena mereka mempunyai pemikiran dewasa dan bijaksana
Salah satu indikatornya adalah bisa memilah mana perkara yang baik dan yang buruk

Karena mereka mempunyai niat, tekat dan mental yang kuat
Salah satu ciri lelaki sejati adalah mempunyai mental seperti baja dan pantang menyerah

SEMUA BISA BERHENTI MEROKOK, KECUALI YANG LEMAH

Tentu dari sekian banyak dari mereka yang bisa sukses total berhenti merokok, masih kita temukan mereka yang belum bisa berhenti merokok. Alasan seperti "susah banget berhenti merokok", "berat banget berhenti merokok" dan yang semisalnya hanya akan kita temui dari mereka yang memang mentalnya lemah, niatnya setengah hati, tidak berusaha sungguh-sungguh, mudah menyerah dan tidak didasari kesadaran. Tahukah anda sosok Sabar Gorky? Sosok kebanggaan Indonesia penakluk Gunung Elbrus (tertinggi di Eropa) yang mana dia hanya memiliki satu kaki! Dia sanggup menaklukkan Elbrus karena memiliki niat yang kuat yang ditopang perjuangan keras! Hanyalah pria sejati yang berani berjuang.


Quote:
MODAL UTAMA UNTUK BERHENTI MEROKOK



Niat yang sepenuh hati dan tekat yang bulat merupakan syarat mutlak sekaligus pondasi utama untuk berhenti merokok. Apakah agan baru saja merokok beberapa bulan ataupun sudah mencandu hingga belasan tahun, tidak ada yang bisa menghentikan agan untuk berhenti merokok ketika agan punya niat yang kuat. Mereka yang gagal berhenti merokok adalah mereka yang kurang dari niatnya. Niat musti kuat dan langsung berusaha berhenti merokok, jangan pernah ditunda-tunda. Jaga komitmen dengan baik!

Doa minta pertolongan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ingat semua yang terjadi di jagat raya ini atas izin Allah Ta'ala. Termasuk keberhasilan agan untuk berhenti merokok juga semuanya atas izin Allah. Ketika agan mempunyai niat berhenti, lalu meminta memohon lah kepada Allah agar diberi kekuatan untuk berhenti merokok, memohonlah agar diberi keistiqomahan. Berdoalah agar dimudahkan dan dikuatkan untuk berhenti merokok serta yakinlah 100% bahwa akan dikabulkan oleh Allah 'Azza wa Jalla.

Perjuangan keras dan pengorbanan saat proses berhenti merokok. Bagi yang sudah kecanduan, masa-masa awal berhenti merokok memang tidak mudah. Dari perasaan yang tidak nyaman, tubuh yang kurang rileks, hingga godaan teman-teman perokok yang asyik merokok atau menawari rokok. Dan agan harus tanamkan dalam hati bahwa berhenti merokok memang butuh perjuangan keras dan pengorbanan!

BERPIKIRLAH: AKU BUKAN PEROKOK, AKU TIDAK BUTUH ROKOK!

Quote: Jangan menjadikan proses berhenti merokok sebagai sebuah beban dan karena keterpaksaan. Sebaliknya jadikan kesadaran berhenti merokok sebagai berkah


Quote:
TIPS MELAWAN KEINGINAN UNTUK MEROKOK

1. Tulis atau print komitmen agan pada kertas atau notes
Baca dan renungkan kembali saat ada godaan atau keinginan untuk merokok.

2. Ngemut atau makan permen yang banyak mengandung mint
Seperti permen Hexos, Relaxa, Fisherman's Friend, Ricola, dll.

3. Menggosok gigi dan berkumur-kumur dengan mouth wash
Bawalah sikat gigi, pasta gigi dan mouthwash seperti Listerine, Colgate, dll.

4. Habis makan biasakan minum teh anget tawar atau susu
Rasa tawar dari teh hangat atau susu dapat mengurangi rasa asam di mulut.

5. Jangan terlalu banyak menyimpan uang di dalam dompet
Ketika uang cash agan dikondisikan mepet, maka dapat mengurangi keinginan beli rokok.

6. Mintalah keluarga atau teman untuk terus memotivasi
Mintalah keluarga atau teman untuk terus mengingatkan agan, bisa juga via SMS.

7. Carilah kesibukan untuk mengisi waktu senggang
Semisal dengan berkumpul dengan non perokok, berolah raga, ngelakuin hobby positif, dll.
.
8. Carilah teman atau lingkungan baru yang tidak merokok
Lingkungan dan pergaulan sehat punya pengaruh dalam usaha agan berhenti merokok.


Quote:
TAHUKAH AGAN DAN SISTA?

Gerakan anti tembakau Nazi di Jerman adalah kampanye publik anti merokok pertama dalam sejarah modern. Adolf Hitler adalah perokok berat yang kemudian meninggalkan rokok dan membenci rokok! Peredaran tembakau dan rokok diawasi dengan sangat ketat untuk melindungi rakyat Jerman. Wikipedia


Contoh poster propaganda anti tembakau di era Nazi

Quote:
Di negara-negara maju masyarakatnya berbondong-bondong
meninggalkan rokok. Tapi di negara kita malah sebaliknya!




Kompakco - Video Kita Adalah Korban Rokok
Indro Warkop - Berhenti Merokok Itu Jantan dan Berani!



Quote:
JADILAH PRIBADI YANG PANDAI BERSYUKUR

Perokok lupa bahwa Allah karuniakan kepada kita nikmat sehat, saat yang lainnya terlahir tidak sempurna atau dengan mengidap penyakit berbahaya, atau saat ini jutaan orang terbaring sakit tak berdaya. Namun bukannya mengjaganya dengan bersyukur, namun malah lalai dengan merusak, mengkufuri nikmat-Nya.



Bagi para fakir miskin uang 5000 rupiah bisa untuk makan untuk sekeluarga untuk 1 hari, sedangkan perokok 10 s/d 30 ribu mereka bakar untuk mengkufuri nikmat sehat dan juga rezeki. Astaghfirullah.

Quote: Beliau Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena Allah 'Azza wa Jalla, kecuali Allah akan menggantikannya bagimu dengan yang lebih baik bagimu.”
(HR. Ahmad no 23074. Shahih)


Quote:
Website Rujukan Berhenti Rokok

Indonesia Bebas Rokok, Komunikasi Pengendalian Tembakau

Media partner Indonesia Bebas Rokok



Quote: Hitung jumlah yang agan keluarkan untuk biaya 'meracuni' diri agan dan keluarga:
http://www.readersdigest.co.id/kalkulator.rokok


QuitNow! Aplikasi Keren Untuk Membantu Berhenti Merokok



Link Aplikasi di Google Play


Quote:
TS membuat thread ini dengan niat bisa saling berbagi dengan sesama dan berharap semoga ada yang akhirnya memutuskan untuk total berhenti dari merokok. Aamiin.

Quote:
Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda, yang artinya:
"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain."
(HR. Ahmad, Thabrani. Hadits shahih.)


Stop Smoking! Tidak Merokok Cerminan Lelaki Hebat, Keren, dan Berjiwa Tangguh
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/54370043a3cb17f37c8b456a/fakta-amp-testimonial-laki-bisa-berhenti-merokok-itu-fighter-hebat-kuat-dan-mantab Category:
Best Article
ReveneuHits