Foto-foto Saksi Bisu Pembuatan Terusan Panama Yang FenomenalTags: Knowledge - Geography - History - Engineering - Technology - Transportation |
adoel.piero UserID: 1204959 |
---|---|
Pernah denger kata Panama? Kalau kamu pernah denger, kira-kira hal apa sih yang paling mentereng dan paling dikenal disana? Yap kamu benar sekali, bangunan terusannya yang sangat fenomenal, berkat terusan Panama, kapal-kapal kolonial dan penjelajah Eropa dan sekitarnya tidak perlu memutar mengitari benua Amerika, tinggal masuk tunggu beberapa jam, udah sampe deh ke samudera pasifik. Quote:INILAH.COM, Panama City - Kapal Disney Cruise Line harus membayar biaya US$ 331.200 (Lebih dari 3 Milyar) untuk melintasi Terusan Panama. Angka itu merupakan rekor baru untuk tarif melintasi terusan itu. Otoritas Terusan Panama mengatakan kapal sepanjang 295 meter bernama Disney Magic itu melintasi Terusan Panama pada 16 Mei.Panama menaikkan tarif melintasi terusan itu tahun lalu dan sistem tarif terbaru adalah didasarkan pada jumlah tidur yang dimiliki kapal dan bukan lagi kapasitas kargo. Sementara Disney Magic memiliki 875 kamar.Otoritas Terusan Panama mengatakan Selasa (10/6) bahwa rekor pembayaran tarif sebelumnya dibayarkan kapal kargo MSC Fabienne senilai US$ 317.142, yang dilakukan pada 7 Mei. Terusan Panama yang dibangun AS itu meraup pendapatan US$ 1,76 miliar tahun lalu, dan pada 2014 dinaikkan menjadi US$ 5,25 miliar. Hmmm... kita sewaktu SD pasti pernah bengong, mikirin nih terusan, kira-kira gimana ya cara ngebuatnya kok bisa sampea membelah benua Amerika dan menghubungkan dua samudera ; Atlantik dan Pasifik? Quote: Spoiler for More video...: Quote: Terusan Panama adalah terusan yang memotong tanah genting Panama sepanjang 82 km, memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan.Rencana pembangunan terusan ini sudah mulai muncul di tahun 1500-an namun baru dibuka pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini telah membantu 800.000 kapal menyeberang sejak pembukaannya atau 12.000 kapal per tahun. Spoiler for : Terusan Panama menghubungkan Teluk Panama di Samudra Pasifik dengan Laut Karibia di Samudra Atlantik. Karena bentuk dari tanah genting Panama adalah "S", terusan ini memotong dengan arah barat laut - tenggara. Untuk mempermudah, otoritas terusan mengklasifikasikan lewatnya kapal dengan arah northbound (menuju utara) bagi kapal yang menuju Samudera Atlantik dan southbound (menuju selatan) bagi kapal yang menuju Samudera Pasifik. Untuk menyeberang, sebuah kapal perlu waktu 9 jam. Spoiler for : Niat untuk membuat sebuah terusan di tanah genting Panama pertama kali dicetuskan oleh Raja Charles V dari Spanyol di tahun 1524 untuk mempermudah lewatnya kapal, terutama yang membawa emas. Walaupun sudah ada hasil survei dan rencana pada tahun 1529, keadaan politik dan teknologi di Eropa pada saat itu masih belum memungkinkan. Setelah berbagai macam cara yang tidak melewati laut (kereta api) gagal atau dinilai kurang efektif, rencana pembangunan terusan mencuat kembali. Didorong oleh selesainya Terusan Suez, Perancis di bawah pimpinan Ferdinand de Lesseps mulai membangun terusan pada 1 Januari1880 namun terhenti karena penyakit pada tahun 1893. Pembangunan dilanjutkan oleh Amerika Serikat di bawah pimpinan Theodore Roosevelt pada tahun 1904 setelah AS membantu Panama merdeka dari Kolombia dengan imbalan kontrol daerah terusan. Pembangunan kanal oleh Amerika Serikat ini dimulai pada 4 Mei 1904. Berbagai upaya dilaksanakan untuk mengatasi masalah dan akhirnya kanal dibuka pada 15 Agustus 1914 dengan lewatnya kapal Ancon. Terusan ini serta daerah disekitarnya dikontrol oleh AS sampai 31 Desember 1999 setelah Presiden AS Jimmy Carter menandatangani Traktat Torrijos-Carter pada 7 September 1977. Sekarang, terusan ini dikontrol oleh Otoritas Terusan Panama (sumber wikipedia indonesia) Quote:Daripada penasaran, yuk lihat foto-foto pembuatan selat Panama yang terkenal itu. Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Spoiler for : Quote:Ketimbang terusan Suez, terusan panama lebih terlihat eksotik dan juga menyimpan kenangan tersendiri bagi mereka mereka yang terlibat dalam proses pembangunan nya yang begitu berat karena harus memotong “pinggang” benua Amerika itu sepanjang sekitar 80 Km! Pekerjaan yang fantastis mengingat alat alat waktu itu belumlah secanggih saat ini. Di sesi ini akan sedikit saya paparkan bagaimana prinsip kerja canal Panama dalam mengangkat kapal kapal yang melintasi ( semua kapal kapal yang lewat rata rata kapal kargo berukuran besar loh).Di terusan panama terdapat 3 Lock, yaitu Gatun Locks, Pedro Miguel Locks dan Miraflores Locks. Kapal yang datang dari arah Samudera Atlantik akan melewati Gatun Locks dan kapal diangkat 85 feet (26 meter) ke permukaan danau Gatun, kemudian kapal terus melintasi danau Gatun hingga jarak 23 Mil (37 Km) sebelum kemudian masuk Gaillard (Culebra). Nah setelah melewati Gaillard Cut ini kapal kemudian akan berlayar menuju pedro miguel Locks ( panjang gaillard Cut sendiri adalah 8 Mil atau 13 Km ). Sesampai di Pedro Miguel Locks, nah pada Locks ini ketinggian air akan berubah lebih rendah yaitu sekitar 30 feet atau 9 m yang kemudian kapal di arahkan berlayar menuju Danau Miraflores (danau ini lebih kecil ketimbang danau Gatun pada locks pertama tadi) yang akhirnya akan bertemu Locks terakhir yaitu Miraflores Locks dan kapal akan kembali di turunkan ke sea level yang lalu kemudian kapal akan kembali berlayar bebas ke laut lepas ( Samudera Pacifik), Dan total jarak tempuh dari gatun locks ke miraflorest mencapai 80 Km atau 50 Mil.kapal kapal sendiri akan di tarik oleh semacam kereta dari sisi sisi kanal pada saat akan memasuki Locks untuk menjaga posisinya. Pada masa pembuatan kanal ini, berton ton peledak di gunakan untuk membuka lahan yang berupa pegunungan dan hutan, serta ribuan pekerja yang di bagi menjadi beberapa divisi, dan konon yang terberat adalah pengerjaan pada Gaillard (Culebra) Cut dan sempat terjadi tragedi kecelakaan mengerikan yang kemudian sering di sebut "Hell's Gorge." alangkah Indah nya pemandangan di terusan panama tersebut, dan konon bagi yang pernah melintasinya akan menjadi pengalaman tak terlupakan, namun dibalik itu semua terjadi berbagai masalah pada saat pembangunannya yang memakan korban jiwa pada waktu itu ( 22.000 orang waktu itu tewas terkena penyakit demam kuning) belum lagi tanah longsor. Saya salut pada semua orang dalam proyek pengerjaan tersebut. Gimana menurutmu? Ga kebayang ya, dengan teknologi yang dibilang cukup modern kala itu, berhasil membelah benua, dan denger-denger proses pengerjaannya membutuhkan waktu 33 tahun lho, Gile... Quote:Sumur: 1 + 2 + Wikipedia + Google |
Foto-foto Saksi Bisu Pembuatan Terusan Panama yang Fenomenal |
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/564e9f7712e257f00e8b456c/foto-foto-saksi-bisu-pembuatan-terusan-panama-yang-fenomenal | Category: Picture Video |
Home
»
Foto-foto Saksi Bisu Pembuatan Terusan Panama yang Fenomenal