Cinta Ruhama Amelz[Sista Of The Month] Cinta Ruhama Amelz : Bermula Dari Passion, Temukan Inspirasimu
Sista of the Month
Quote:Di Sista of The Month, KASKUS bakalan ngangkat sosok-sosok perempuan inspiratif di bidangnya.
Siapa sih perempuan yang jadi Sista of The Month pertama KASKUS? Cekidot Gans!


Udah sedikit kenalan kan sama sosok kontributor baru Forum Sista sekaligus Sista of The Month edisi perdana KASKUS di video di atas tadi.

Yup, Cinta Ruhama Amelz atau yang biasa dipanggil Tara ini adalah lifestyle blogger yang cukup dikenal di Indonesia khususnya bagi kaum perempuan. Coba deh liat akun instagram ataupun blognya. Postingan soal beauty, fashion hingga parenting yang dia share selalu rame Gan. Nggak cuma itu, di bulan Desember 2015 kemarin Tara juga terpilih sebagai salah satu nominasi Best Influencer Parenting Category di Influence Asia 2015 lewat blognya.

Langsung aja yuk kenalan lebih jauh sama sosoknya!

Quote:1. Hai Tara!
Hai KASKUS.

Cinta Ruhama Amelz
Quote:2. Ceritain soal perjalanan karir kamu sebelum aktif sebagai blogger seperti sekarang dong.
Awal lulus kuliah aku langsung apply ke agency periklanan. Di situ ternyata aku cuma betah 1,5 bulan, masih masa probation. Selepas probation aku ngerasa kurang cocok. Aku orangnya bener-bener kalo kayak gitu ngikutin hati banget kalau soal kerjaan. Kalau udah nggak passionate mending nggak usah gitu. Setelah itu aku resign. Kebetulan pada saat masih di agency aku udah masukin CV ke majalah CosmoGIRL sebagai fashion reporter. Akhirnya aku diterima sama CosmoGIRL, walaupun masih ditawarinnya magang bukannya kerja. Tapi pas masuk di sana ternyata senang banget karena dari kecil aku suka baca majalah, suka baca artikel. Trus kan CosmoGIRL isinya kayak fashion, beauty sama girl empowerment, aku suka banget. Di sana berkembang dari intern, jadi reporter fashion dan beauty, terus merambah nulis soal feature. Akhirnya jadi editor dan terakhir bisa jadi wakil pemimpin redaksi.

Cinta Ruhama Amelz
Quote: 3. Trus kok bisa jadi lifestyle blogger seperti sekarang?
Waktu di CosmoGIRL aku udah mulai iseng ngeblog. Karena waktu itu ngeliat satu blog di LA yang ngebahas soal fashion sama lifestyle, trus aku iseng bikin tanpa ada kepikiran suatu kali bakal jadi blogger. Sambil iseng masih jalanin di CosmoGIRL sampai akhirnya di tahun 2013 aku merasa kok kayaknya blogku responnya banyak dan semakin positif. Sementara di CosmoGIRL yang tadinya aku senang nulis tentang segala macam hal seputar remaja cewek, aku mulai merasa kurang related dan pengen punya blog sendiri. Sekali lagi aku mengikuti passion aku. Kayaknya udah saatnya deh aku mulai nunjukin suaraku sendiri, karakter aku sendiri tanpa harus ngikutin guideline perusahaan. Ya akhirnya jadi blogger seperti sekarang. Waktu awal-awal memutuskan serius di blog aku mulai atur tuh, kayak ini yang mau aku bahas fokusnya di mana. Trus namanya juga ini kan profesi baru kalau di sini, jadi aku juga mesti mikirin aku mesti dapat income dari kerjaan yang aku passionate ini dari mana. Jadi yaudah, sampai sekarang jadi kayak gini deh.

Cinta Ruhama Amelz
Quote:4. Kenapa sih bisa yakin pindah dan ninggalin profesi yang sebenarnya udah cukup tinggi dan memutuskan jadi blogger. Padahal kata kamu tadi profesi ini terbilang masih baru di Indonesia. Nggak takut nyesel nih?
Takut nyesel sih nggak. Sama sekali nggak. Sejak di CosmoGIRL aku senang nulis bermacam-macam artikel soal fashion, beauty atau girl empowerment karena itu bisa jadi inspirasi untuk pembacanya. Dan aku liat dengan jadi blogger juga bisa menginspirasi orang banyak. Menurut aku tuh di setiap orang pasti punya cerita sendiri yang bisa menginspirasi orang lain. Dan aku percaya aja dari inspirasi yang aku kasih itu pasti ada kepuasan sendiri buat aku dan aku nggak bakal nyesel lah kalo ngikutin passion aku. Apalagi kalau itu berguna untuk orang lain juga.

Cinta Ruhama Amelz
Quote: 5. Perbedaan apa sih yang paling kerasa ketika kamu bekerja di majalah sampai bekerja sebagai blogger seperti sekarang?
Yang paling kerasa sih bedanya itu semua aku manage sendiri. Kalau dulu di CosmoGIRL yang manage dari perusahaan. Kayak waktu semua mesti ngikutin, masuk jam kantorlah , semua mesti ngikutin aturan kantor. Nah di sini pas jadi blogger aku harus bikin aturan sendiri, ngatur jadwal sendiri. Pokoknya semua harus mandiri.

Cinta Ruhama Amelz
Quote:6. Emang untuk bisa jadi profesional blogger gimana sih tahap awalnya?
Tahap awalnya sih sebenarnya menurut aku mesti nemuin dulu yang kita passionate itu apa. Jadi yang kita mau angkat dari blog kita tuh apa. Dan itu mesti sesuai dengan karakter kita sendiri, karena kita kalau sebagai blogger nggak bisa pura-pura jadi orang lain. Daya tarik dari seorang blogger itu kan justru karena karakter si bloggernya itu yang beda
.

Cinta Ruhama Amelz
Quote:7. Gimana sih cara kamu buat ngatur waktu kapan harus ngeblog disela kesibukan sebagai Ibu?
Kalau dulu pas masih sendiri waktunya masih banyak. Ngeblog itu seminggu dua tiga kali masih kekejar. Kalau udah punya anak ini punya usah ekstra misalnya begadang buat nulis postingan. Ya emang ini sih ada usaha ekstranya untuk bisa terus ngeblog. Kalau untuk jadwal sendiri so far nggak ada patokan. Mesti hari apa atau seminggu berapa kali tapi at least seminggu udah ada satu kali. Karena yang penting menurut aku dari nulis blog adalah bukan dari kuantitas tapi konsisten. Jadi pembacanya bisa menyesuaikan.

Cinta Ruhama Amelz
Quote:8. Mesti posting blog tapi juga mesti ngurus anak. Pernah nggak merasa capek dengan semua kesibukan itu?
Pasti ada, itu pasti ada. Karena ngurus anak sambil kerja itu udah kayak sirkus istilahnya kalau menurut aku. Karena rasanya benar benar pengen membelah diri kalau bisa membelah dua biar bisa sambil ngurus anak sambil ngurus itu. Tapi ya kuncinya jalanin aja. Nanti kita sendiri bakal bisa adaptasi dengan segala kesibukan itu.

Cinta Ruhama Amelz
Quote:9. Inspirasi soal isi blog dari mana sih? Trus kalau bosan atau nggak ada inspirasi gimana tuh cara kamu mengatasinya?
Kebanyakan aku baca-baca artikel dari luar sih emang buat inspirasi. Kadang aku sendiri juga sering kayak nggak ada inspirasi mau nulis apa. Tapi banyak yang bisa dilakuin kok. Kayak misalnya coba sesuatu yang baru. Entah rutinitas skin care baru, atau nyari hobi baru entah kerajinan tangan lah. Itu kan bisa jadi inspirasi baru buat nulis di blog. Pokoknya macam-macam sih. Bisa travelling juga. Cari sesuatu yang baru lah.

Cinta Ruhama Amelz
Quote:10.Dalam blog kamu juga banyak share soal anak atau parenting. Apa aja sih yang biasanya kamu share soal parenting?
Biasanya dari pengalaman sendiri. Walaupun juga banyak ngebahas soal teori dari buku yang aku baca, tapi aku tetap ngasih masukan. Katanya buku ini sih begini tapi kalau dari aku yang working buat aku seperti ini. Aku sebenarnya berusaha ngasih pesan ke orang tua lain bahwa untuk jadi ibu itu nggak harus ngikutin aturan dan teori tertentu atau kata dan penilaian orang. Karena kita sebagai orang tua harus jadi diri sendiri kan. Kita nggak mau kan berpura pura jadi orang lain di depan anak sendiri. Menurutku akan sayang ketika anak kita nggak mengenali diri kita yang sebenarnya. Intinya sih jadi orang tua dari versi terbaiknya kita aja. Dan terkadang apa yang di buku atau kata kata orang lain lah tentang parenting yang ideal itu ternyata nggak cocok dan sesuai kalau diterapkan ke anak kita. Tiap anak dan orang tua pasti beda.

Cinta Ruhama Amelz
Quote:11. Banyak yang bilang buat tampil cantik itu mahal, buat cantik repot. Kalau buat kamu sendiri sebagai ibu yang bekerja tapi tetap tampil cantik sekaligus kontributor forum Sista yang bakalan bahas seputar beauty gimana tuh?
Kalau dibilang mahal itu tergantung. Sebenarnya merawat kecantikan itu nggak perlu mahal. Yang penting adalah konsisten. Mesti rajin. Itupun kalau kita maintain gimana pola hidup sehat itu aja udah menurutku udah cara merawat kecantikan yang nggak perlu mahal karena makan makanan sehat kan nggak harus yang mahal.

Cinta Ruhama Amelz
Quote:12. Tadi kamu bilang bahwa setiap orang punya cerita yang bisa menjadi inspirasi buat orang lain, trus kalau untuk menjadi perempuan yang inspiratif menurut kamu harus yang bagaimana sih sebenarnya?
Perempuan inspiratif menurut aku udah pasti dia nyaman jadi dirinya sendiri, trus dia itu ngikutin passion-nya dia. Dan yang pasti bisa membagi waktulah untuk keluarga karir dan dirinya. Dan yang paling penting perempuan yang inspiratif itu harus bahagia.

Cinta Ruhama Amelz
Quote:13 Makasih ya Tara udah mau cerita-cerita dan berbagi inspirasi buat Kaskuser.
Sama-sama.. Nggak sabar deh jadinya buat ikut berbagi inspirasi lewat thread-thread di Forum Sista KASKUS.

Nah itu dia sosok Sista of The Month edisi perdana Gan. Dia aja bisa ngikutin passionnya tapi tetap bisa menginspirasi, kalau kamu gimana nih? Punya sosok perempuan yang kamu anggap cocok buat jadi the next Sista of The Month? Share ke kita juga dong.
Emoticon
Jangan lupa lihat dan nantikan thread seputar dunia perempuan yang bakal Cinta Ruhama Amelz bagikan ke Kaskuser semua di Forum Sista. Tunggu apa lagi. Langsung main ke TKP aja Gan!

Forum Sista
Source: http://kask.us/ibAj2
ReveneuHits